Anda belum login :: 25 Apr 2025 14:41 WIB
Detail
BukuHubungan Identitas Sosial Dengan Intensi Dan Perilaku Membeli Merchandise K-Pop Pada Anggota Komunitas Penggemar K-Pop Usia Remaja Di Jakarta
Bibliografi
Author: Monika, Aloysia ; Herabadi, Astrid Gisela (Advisor); Adishesa, Made Syanesti (Advisor)
Topik: Identitas sosial; intensi perilaku membeli; anggota komunitas; remaja; K-pop
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: ALOYSIA MONIKA's undergraduate theses.pdf (1.71MB; 80 download)
Abstract
Identitas sosial adalah bagian konsep diri seseorang berdasarkan pengetahuan akan keanggotaan dirinya dalam kelompok, mencakup nilai-nilai dan emosi yang melekat pada individu sebagai anggota. Individu sebagai bagian dari sebuah kelompok cenderung ingin berperilaku untuk mencerminkan keanggotaannya dalam kelompok. Peneliti menduga, intensi dan perilaku membeli merchandise K- pop berhubungan dengan identitas sosial anggota komunitas penggemar K-pop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara identitas sosial dengan intensi dan perilaku membeli merchandise K-pop pada anggota komunitas penggemar K-pop. Karakteristik sampel penelitian ini adalah anggota komunitas penggemar K-pop usia 12-17 tahun, dan berdomisili di
Jakarta. Jumlah sampel penelitian yaitu 219 orang, yang diambil menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner alat ukur identitas sosial yang mengukur tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan evaluatif; alat ukur intensi membeli, dan alat ukur perilaku membeli barang. Berdasarkan hasil uji korelasi spearman rho menunjukkan identitas sosial aspek kognitif, afektif, dan evaluatif berkorelasi positif secara signifikan dengan intensi dan perilaku membeli. Hasil uji korelasi paling kuat ditemukan antara identitas sosial aspek kognitif dengan intensi membeli r= .413, p=.000 (p<0.01), r2=0.17. Maka, penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi identitas sosial seseorang, semakin tinggi pula intensi dan perilaku membeli barang dan sebaliknya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.390625 second(s)