Anda belum login :: 25 Apr 2025 14:09 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Psychological Capital Pada Wirausaha Baru (Startup) Yang Memiliki Kompetitor Sukses Di Bidang Usahanya
Bibliografi
Author:
Godwin, Gabriel
;
Mildawani, Tri S.
(Advisor);
Adhiatma, Widhi
(Advisor)
Topik:
Psychological Capital
;
Harapan
;
Keyakinan Diri
;
Resiliensi
;
Optimisme
;
Wirausahawan
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Gabriel Godwin's undergraduate theses.pdf
(1.86MB;
42 download
)
Abstract
Berkembangnya wirausaha di Indonesia menjadi berita yang baik bagi keadaan ekonomi Indonesia, namun berkembangnya wirausaha di Indonesia juga
menimbulkan banyak permasalahan bagi setiap wirausaha baru seperti persaingan usaha yang ketat, kurangnya pelatihan dan keterampilan, dan kurangnya pengetahuan untuk membangun usaha baru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, seorang
wirausahawan baru perlu memiliki beberapa hal, salah satunya modal psikologi atau yang dikenal dengan psychological capital. Hal ini sesuai dengan fenomena yang telah diamati oleh peneliti bahwa wirausahawa yang berhasil memiliki dimensi harapan, keyakinan diri, resiliensi, dan optimisme dalam diri mereka. Bahwa dimensi tersebut merupakan modal psikologis (psychological capital) sesuai dengan teori dari
Luthans (2007). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peranan dari setiap dimensi pada psychological capital dalam membantu wirausahawan mendirikan usaha barunya ditengah-tengah permasalahan dan persaingan yang ketat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pengambilan data
menggunakan metode wawancara dan observasi. Partisipan penelitian adalah tiga orang subjek wirausahawan baru yang sudah menjalankan usahanya antara satu hingga lima tahun, memiliki usaha baru dan bukan usaha waralaba, serta memiliki pesaing usaha yang sudah membuka usaha pada bidang yang sama terlebih dahulu atau yang sudah mencapai tahap sukses dalam membangun usaha. Partisipan 1
bergerak di bidang jasa service otomotif roda dua, partisipan 2 bergerak di bidang produk food & beverages, partisipan 3 bergerak di bidang jasa kecantikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam setiap diri partisipan terdapat pandangan positif ketika menjalankan usahanya. Berdasarkn hasil
wawancara diperoleh data bahwa ketiga partisipan menunjukan indikator-indikator yang menjadi kunci dari adanya dimensi dari harapan, keyakinan diri, resiliensi dan optimisme. Keempat hal ini merupakan dimensi dari modal psikologis yang disebut Psychological Capital.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.0625 second(s)