Beberapa penelitian terdahulu mengenai pengaruh perspektif auditor (reputasi auditor, opini audit tahun sebelumnya, dan client importance) terhadap manajemen laba riil maupun manajemen laba riil terhadap Earnings Response Coefficient belum menunjukkan hasil yang konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dari pengaruh perspektif auditor terhadap manajemen laba riil serta dampaknya pada Earnings Response Coefficient. Terdapat 2 (dua) model penelitian dalam penelitian ini. Model penelitian pertama menguji pengaruh reputasi auditor, opini audit tahun sebelumnya, dan client importance terhadap manajemen laba riil. Model penelitian kedua menguji pengaruh manajemen laba riil terhadap Earnings Response Coefficient. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan sampel yang digunakan dalam model penelitian pertama dan model penelitian kedua berjumlah 355 data dan 417 data perusahaan manufaktur dan perdagangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2012-2016. Hasil analisis pada model penelitian pertama menunjukkan bahwa reputasi auditor dan client importance berpengaruh negatif terhadap manajemen laba riil, sedangkan opini audit tahun sebelumnya tidak berpengaruh terhadap manajemen laba riil. Hasil analisis pada model penelitian kedua menunjukkan bahwa manajemen laba riil berpengaruh positif terhadap Earnings Response Coefficient. |