Anda belum login :: 17 Apr 2025 10:05 WIB
Detail
ArtikelEfek Metode Priming Dalam Meningkatkan Inisiasi Spontan Anak Autis terhadap Teman Sebaya  
Oleh: Roswita, Yang ; Wahyuni, Utami Trie
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Seri Kajian Ilmiah vol. 14 no. 01 (Jan. 2011), page 24-31.
Topik: Autis; metode primming; inisiasi spontan; prompting; reinforcement positif; teman sebaya
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: S86
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efek priming dapat meningkatkan inisiasi spontan anak autis terhadap teman sebayanya. Subyek penelitian ini adalah seorang anak autis berusia 6 tahun dan belum memiliki inisiasi spontan terhadap teman sebaya. Anak autis jarang untuk mempunyai inisiasi sosial terhadap teman sebayanya. metode priming adalah suatu metode intervensi yang berisi tuntutan yang rendah, sesi penguatan yang tinggi di dalam aktivitas di sekolah yang digunakan untuk meningkatkan inisiasi spontan anak autis terhadap teman sebayanya di sebuah lembaga prasekolah. penelitian ini menggunakan model rancangan kasus tunggal dengan desain AB dimana A merupakan baseline dan B merupakan treatment dari metode (sesi priming), whole class sessions and reduce priming sessions. setelah baseline, teman sebayanya dilatih untuk melakukan inisiasi sosial secara langsung kepada anak autis. Guru memberikan prompt untuk mendekatkan anak-anak ini dalam berinteraksi sosial ketika memang diperlukan dan diberikan reinforcement positif berupa reward sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima dimana metode priming dapat meningkatkan inisiasi spontan anak autis terhadap teman sebayanya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)