Anda belum login :: 03 Jun 2025 10:26 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Jumlah Stimulus Gambar dalam Kemmapuan Mengarang pada Siswa Menengah Luar Biasa Tunagrahita Ringan
Oleh:
Rahayu, Esthi
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Seri Kajian Ilmiah vol. 14 no. 01 (Jan. 2011)
,
page 11-23.
Topik:
Siswa tunagrahita mampu didik
Ketersediaan
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
S86
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini didasari oleh hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti pada tahun 2004. Melalui hasil sampingan penelitian terdahulu, diketahui bahwa jika stimulus gambar berjumlah satu, maka isi karangan yang dibuat oleh siswa hanya ada satu kalimat. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah ingin mengkaji dan menelaah pengaruh jumlah stimulus gambar dalam kemampuan mengarang pada siswa sekolah menengah luar biasa tunagrahita ringan. Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita mampu didik, jenjang sekolah menengah luar biasa. Data dikumpulkan oleh peneliti dengan menggunakan skala kemampuan mengarang (untuk mengetahui kemampuan mengarang subyek). Rancangan eksperimen yang digunakan oleh peneliti adalah Postest Design dimana gambar yang diujikan/dikenakan oleh peneliti kepada kelompok eksperimen ada tiga judul, yaitu: Liburanku, Bencana Alam, Berlibur ke rumah nenek. Rumus yang digunakan adalah uji kruskal-wallish, dimana harga Chi kuadrat tabel (5%) lebih besar daripada harga hitung, yaitu 5,591>2. Karena harga hitung lebih kecil dari tabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan kemampuan mengarang antara siswa yang diberi dua stimulus gambar dengan siswa yang diberi empat stimulus gambar maupun enam stimulus gambar. Baik pada karangan yang berjudul Liburanku, Bencana Alam, Berlibur ke Rumah Nenek
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)