Perusahaan financial technology berkembang dengan sangat cepat dan akan selalu sejalan dengan kebutuhan masyarakat terhadap layanan keuangan yang berbasis online. Financial technology tidak akan bisa dilepaskan dari perkembangan internet. Salah satu perusahaan financial technology yang tengah berkembang saat ini adalah cicil.co.id. Cicil.co.id adalah perusahaan yang memberikan cicilan ringan kepada mahasiswa yang ingin memberikan sebuah kebutuhan kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel electronic word of mouth, message source credibility, website quality, dan keamanan data terhadap buying decision agar cicil.co.id dapat lebih meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan untuk mengolah data adalah metode Structural Equation Modelling (SEM). Alasan metode SEM dipilih adalah karena bisa mengukur variabel laten dengan lebih kompleks. Hasil dari penelitian menunjukkan ada empat hipotesis yang memiliki hubungan yang positif, yaitu message source credibility yang berpengaruh positif terhadap electronic word of mouth, keamanan data yang berpengaruh positif terhadap electronic word of mouth, keamanan data yang berpengaruh positif terhadap buying decision, dan electronic word of mouth yang berpengaruh positif terhadap buying decision. Penelitian ini juga memiliki implikasi manajerial yang berguna bagi pihak perusahaan seperti menunjukkan surat resmi dari lembaga keuangan yang telah diakui, meningkatkan pelatihan customer service untuk melayani pengguna, dan menambah sistem yang lebih canggih untuk menjaga keamanan data hingga pengguna lebih percaya memberikan data pribadinya kepada Cicil.co.id. |