Anda belum login :: 25 Apr 2025 14:08 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbandingan Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas I Dan IV SD Katolik Ricci II, Sd Katolik Sang Timur Karang Tengah, Dan SD Strada Bhakti Utama
Bibliografi
Author:
KURNIANTO, FRANSISKUS REXY
;
Dewi, Naomi Dias Laksita
(Advisor)
Topik:
Kurikulum 2013
;
Pendekatan Saintifik
;
Kelas I Dan IV
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Fransiskus Rexy Kurnianto’s 1 Undergraduate Theses.pdf
(4.85MB;
43 download
)
Abstract
Kurikulum 2013 menekankan pengembangan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik secara holistik (seimbang). Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Kurikulum 2013 adalah Pendekatan Saintifik dan tematikintegratif. Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik dilakukan dengan proses ilmiah. Pendekatan Saintifik dilakukan melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan implementasi pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 kelas I dan IV SD Katolik RICCI II, SD Katolik Sang Timur, dan SD Strada Bhakti Utama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SD Katolik RICCI II, SD katolik Sang Timur, SD Strada Bhakti Utama, dan guru kelas I dan IV SD Katolik RICCI II, SD katolik Sang Timur, dan SD Strada Bhakti Utama. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan-kegiatan yang merupakan bentuk dari implementasi pendekatan saintifik. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu instrumen pedoman observasi pembelajaran, pedoman wawancara kepada guru dan kepala sekolah, dan pedoman analisis RPP. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah mengkaji silabus, buku guru, buku siswa. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. 3.Guru menggunakan media lingkungan sekitar, gambar, dan video untuk memfasilitasi siswa dalam kegiatan mengamati. Siswa kelas I lebih perlu pendampingan dibandingkan siswa kelas IV dalam tahap mengamati. 4. Pada tahap menanya terdapat siswa yang aktif dan pastif. Guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif. Strategi guru pada SD Katolik RICCI II adalah dengan membuat media yang menarik, pada SD Katolik Sang Timur adalah dengan metode tutor sebaya, pada SD Strada Bhakti Utama adalah dengan tanya jawab. 5. Pada tahap mencoba, siswa melakukan pengumpulan data dengan percobaan dan demonstrasi. Pada guru kelas I siswa memerlukan pendampingan yang lebih dalam melakukan percobaan dibandingkan siswa kelas IV. Siswa menghubungkan data yang sudah didapatkan dengan teori kemudian menyimpulkannya. Pada kelas I penalaran siswa masih sederhana yaitu yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dibandingkan kelas IV. Tahap mengkomunikasikan yang diterapkan pada siswa SD Katolik RICCI II menggunakan metode presentasi dan tanya jawab, pada SD Katolik Sang Timur menggunakan metode presentasi dan menempelkan hasil pekerjaan siswa pada mading. Kelas I dapat melakukan presentasi dengan pendampingan sedangkan pada kelas IV siswa sudah mampu berpresentasi dengan mandiri. Guru sudah menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan ketrampilan, namun terkadang guru tidak menggunakan rubrik penilaian dan pedoman pensekoran dalam menilai. Saranbagi guru hendaknya terus belajar mengenai teori pembelajaran saintifik dalam kurikulum 2013 agar dapat melakukan setiap tahapan pada saintifik dengan berfariatif.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)