Penelitian ini membahas tentang efektivitas komunikasi interpersonal yang terjalin ajitara guru dan orang tua dapat mempengaruhi pendidikan karakter anak. Dalam hal ini khususnya bagi taman kanak-kanak dimana dengan perkembangan ?aman modem pendidikan karakter penting untuk diterapkan agar anak menjadi pribadi yang memiliki moral. Teori yang digutiakan dalam penelitian adalab teori Komunikasi Interpersonal khususnya efektivitas komunikasi interpersonal yang terdiri dari keterbukaan. empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan, teori Pendidikan Karakter, khususnya tiga komponen karakter yang terdiri dari pengetahuan moral, perasaan moral, dan pcrbualan moral, dan teori Pembclajaran Sosial Kognitif Albert Bandura. Mctodc penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatit" dengan pendekatan analisis deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan eara wawaneara mendalam, obscrvasL dan studi dokumen. Kastl penelitian mcnunjukkan bahwa peran guru dan orang tua dalam dunia pendidikan adalah sebagai rote model bagi anak dalam contoh yang tncrcka bisa lihat dan mereka tiru. Komunikasi interpersonal akan saling terkait dan berjalan dengan baik jika komunikasi tersebut memiliki fokus dan lujuan yang sama, yaitu terhadap perkembangan pendidikan karakter anak. |