Anda belum login :: 29 Apr 2025 18:56 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Evaluasi Sikap Kebencian Konsumen pada Niat Beli Produk Asal Negara Kontroversial (Studi pada Perusahaan Transportasi Online Grab di Kalangan Mahasiswa Unika Atma Jaya)
Bibliografi
Author:
APRELIA, CYNTHIA
;
Parmono, Vincentius Rachmadi
(Advisor)
Topik:
Country of Origin
;
Consumer Animosity
;
Purchase Intention
;
Grab
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Cynthia Aprelia's Undergraduated Theses.pdf
(3.73MB;
25 download
)
Abstract
Saat konsumen akan membeli suatu produk, banyak yang menjadi faktor mereka untuk membelinya. Negara asal (country of origin) suatu produk menjadi salah satu alasan yang mempengaruhi persepsi seseorang dan selanjutnya akan mempengaruhi niat beli konsumen. Konsumen dapat membenci suatu negara karena adanya masalah yang dibuat oleh negara lain dengan negaranya. Konsumen tersebut akan menghindari untuk membeli suatu produk bukan karena kualitasnya yang buruk, namun karena adanya keterlibatan suatu negara pada peristiwa militer, politik, atau ekonomi yang sulit dimaafkan oleh konsumen. Salah satu negara yang sejak dari dahulu telah bermasalah dengan Indonesia adalah Malaysia. Salah satu produk atau jasa dari Malaysia yang meluaskan pasarnya ke Indonesia adalah Grab, perusahaan penyedia transportasi online. Penelitian ini mengevaluasi sikap kebencian konsumen pada niat beli produk asal negara Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan bentuk true experimental design. Sampel eksperimen dipilih secara random pada mahasiswa UNIKA Atma Jaya yang akan dibagi menjadi 2 kelompok; kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan; dan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Penelitian ini mencari tahu adanya perbedaan sikap kebencian konsumen pada niat beli produk dari suatu negara kasusnya dalam penelitian ini adalah Grab yang berasal dari Malaysia. Hasil penelitian menghasilkan adanya perbedaan sikap kebencian konsumen pada niat beli produk asal negara Malaysia yaitu Grab. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji rata-rata kedua kelompok, yaitu p-value = 0,00, maka Ho ditolak yaitu adanya perbedaan sikap kebencian konsumen antar kelompok yang diberikan perlakuan dan yang tidak diberikan perlakuan pada niat membeli produk dari negara kontroversial. Dapat diartikan bahwa pemberian informasi tambahan kepada responden akan mempengaruhi sikap kebencian seseorang pada suatu negara yang mengakibatkan rendahnya niat untuk membeli produk asal negara yang dibencinya tersebut.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)