Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh berbagai factor dan salah satunya adalah disiplin belajar, disiplin belajar adalah sikap taat mengenai aturan yang tertentu disekitarnya sebagai bentuk tanggung jawab dan mandiri. Ketaatan pada peraturan yang berlaku di sekolah memang memberikan dampak langsung pada hasil belajar yang lebih baik. Apabila siswa belajarnya teratur, tajin, tertib, dan berusaha bersungguh-sungguh pasti akan mencapai hasil belajar yang baik. sebaliknya apabila siswa kurang rajin atau tidak tertib dalam belajar, mendapatkan hasil yang baik tentu akan menjadi kemustahilan. Tanpa ketertiban yang baik, hasil dan presentasi belajar akan rendah. Begitu pula yang terjadi pada hasil belajar beberapa mata pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan sosial kelas V SD Negeri Manggarai 05 kemungkinan besar karena kurangnya tertanam sikap disiplin siswa. Hasil belajar siswa kelas V SDN Manggarai 05 Jakarata Selatan pada dua mata pelajaran pokok belum sepenuhnya sesuai dengan KKM. Data menunjukan ketuntasan pada mata pelajaran Matematika sebesar 50,0% dan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebesar 85,5 %. Berdasarkan tanya jawab dan pengamatan rendahnya ketuntasan tersebut disebabkan beberapa faktor, salah satunya yaitu sikap siswa yaitu disiplin belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada hubungannya disiplin belajar dengan hasil belajar matematika dan IPS kelas V di SDN Manggarai 05 Jakarta Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasisional, dengan jumlah sampel 66 siswa Slovin 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat disiplin belajar siswa pada kategori cukup baik yaitu sebanyak 25 siswa atau 37,8%, dan nilai rata-rata pada disiplin belajar sebesar 72,42. Hasil belajar matematika cukup baik dengan nilai rata-rata pada hasil belajar matematika sebesar 72,72 dan sebanyak 33 siswa atau 50% lulus KKM. Hasil belajar IPS juga cukup baik dengan nilai rata-rata pada hasil belajar IPS sebesar 72,35 dan sebanyak 23 siswa atau 61,3% lulus KKM. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan terhadap hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar matematika dan ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SDN Manggarai 05 Jakarta Selatan. Selain itu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika dan IPS siswa kelas V SDN Manggarai 05 Jakarta Selatan. Disiplin belajar siswa berpengaruh pada hasil belajar matematika sebesar 64 % sedangkan pada hasil belajar IPS sebesar 63%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi guru untuk menciptakan suasana kondusif dengan menerapkan kedisiplinan terutama dalam hal belajar karena salah satu faktor keberhasilan dalam belajar adalah kedisiplinan. |