Pembelajaran tematik diamanatkan oleh pemerintah untuk diterapkan di satuan sekolah dasar. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada murid. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan. SD Kartika X-2 Pesanggrahan telah menerapkan pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 sejak tahun 2016. Namun demikian belum diketahui bagaimana pembelajaran tematik diterapkan di SD Kartika X-2 Pesanggrahan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik di SD Kartika X-2 Pesanggrahan yang berdasarkan proses pembelajarannya terutama di kelas I dan V yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kartika X-2 Pesanggrahan Jakarta Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah dan 14 guru. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner(angket), dokumentasi, observasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam perencanaan silabus mengikuti panduan dari Dinas Kemendikbud. RPP belum semuanya disesuaikan dnegan kondisi sekolah, tetapi guru selalu membuat jurnal harian. Kendala dalam perencanaan yaitu keterbatasan waktu dan kurang disosialisasikan dengan guru. Dalam penerapam pembelajaran tematik di kelas I dapat dikategorikan sebagai pembelajaran tematik model tematik terpadu(connected) dan di kelas V dapat dikategorikan sebagai pembelajaran tematik model tematik jaring laba-laba(webbed). Dalam penilaian guru mengalami kendala dalam penilaian autentik khususnya di dalam menilai pengetahuan dan keterampilan serta dalam mengisi raport. Terakhir di dalam pengawasan dilakukan oleh dinas setahun sekali dengan melakukan observasi secara langsung dan kepala sekolah dengan melakukan pemantauan melalui cctv. Di dalam pengawasan kendala yang dialami yaitu kurang mendapat umpan balik perbaikan secara teratur. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di SD Kartika X-2 Pesanggrahan Jakarta Selatan sudah menerapkan pembelajaran tematik sejak tahun 2016 secara bertahap sampai dengan sekarang, akan tetapi masih terdapat kendala-kendala dalam penerapannya. Dalam penerapan pembelajaran tematik Guru disarankan mengikuti pelatihan dan sosialisasi kurikulum 2013 secara menyeluruh(perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian), berdiskusi dan bertanya dengan teman guru yang lain atau kepala sekolah mengenai kendala-kendala dalam penerapan pembelajaran tematik. Siswa disarankan lebih aktif pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pembelajaran tematik. Sekolah disarankan memfasilitasi sarana dan prasana yang menunjang proses kegiatan belajaran mengajar, serta pelatihan dan sosialiasasi untuk semua guru di SD Kartika X-2 Pesanggrahan khususnya guru wali kelas I-VI sehingga guru-guru dapat menerapkan pembelajaran tematik dengan baik. Mahasiswa PGSD disarankan mempelajari pembelajaran tematik tidak hanya diperkuliahan saja, namun menggali informasi secara mendalam mengenai pembelajaran tematik tersebut dari sumber lain seperti internet atau buku. |