Setiap manusia yang terlahir di dunia ini memiliki ciri dan khasnya masing-masing, keunikan tersebut tidak bisa disetarakan dengan yang lainnya dalam proses belajar juga demikian perbedaan kebutuhan, karakteristik, dan latar belakang siswa adalah sebuah keunikan. Selain itu cara belajar siswa juga pasti berbeda, ada siswa yang cepat, ada siswa yang sedang, dan ada siswa yang lambat dalam menerima informasi yang diperolehnya. Mengacu pada pengamatan dan analisis yang dilakukan oleh peneliti maka peneliti mencoba mengembangkan produk pembelajaran yang disesuaikan dengan hasil pengamatan dan hasil analisis tersebut. Pengembangan produk tersebut dilakukan setelah melakukan analisis sehingga penelitian yang dikembangkan digunakan untuk menghasilkan suatu produk yang akan diuji keefektifannya melalui percobaan yang dilakukan di lapangan. Pengembangan dilakukan sesuai dengan kebutuhan siswa di lapangan, maka dengan demikian peneliti mengembangkan kegiatan pembelajaran yang dapat mengakomodasi tiga gaya belajar siswa (visual, auditory, kinestetik). Dalam setiap kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), LKS, Media pembelajaran dan Penilaian yang mencakup gaya belajar visual, auditory, dan kinestetik. Produk yang dikembangkan divalidasi dengan melibatkan dua orang ahli yaitu ahli Materi, LKS, Penilaian, dan Media Pembelajaran. Selain itu produk juga diujicobakan secara terbatas dengan melibatkan 9-10 siswa disetiap kelas didua sekolah dan digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Dari penelitian yang dilakukan di sekolah RPP, LKS, Media Pembelajaran dan Penilaian yang dikembangkan dapat digunakan dengan baik dan sistematis oleh guru kelas sebagai pengguna produk. Dalam hal ini peneliti semakin memahami jenis-jenis gaya belajar siswa di kelas, sehingga dalam proses kegiatan pembelajaran siswa lebih antusias, aktif dalam bertanya, mengemukakan pendapat. Pembelajaran berfokus pada siswa dan yang pastinya pembelajaran lebih menyenangkan. Lembar kerja siswa yang dikembangkan oleh peneliti untuk beberapa soal dirasa sulit oleh siswa dalam mengerjakan tetapi guru membantu menjelaskan dengan lisan untuk pengerjaan beberapa pertanyaan yang dimuat di lembar kerja siswa dan pada akhirnya siswa mampu menjawab soal latihan LKS dengan baik. Jadi perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru agar mengembangkan pembelajaran yang mengakomodasi tiga gaya belajar siswa sekaligus (visual, auditory, dan kinestetik untuk mencapai tujuan pembelajaran. |