Anda belum login :: 07 Jun 2025 11:37 WIB
Detail
BukuUpaya Meminimalkan Dampak Negatif Game Online Terhadap Siswa Kelas VI SD
Bibliografi
Author: CICILIA, ANASTASIA DEVINA ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: Game Online; Siswa Sekolah Dasar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Anastasia Devina Cicilia’s Undergraduate Theses.pdf (761.06KB; 25 download)
Abstract
Sekarang ini game online berkembang sangat pesat. Banyak dampak yang ditimbulkan dari game online itu sendiri. Salah satunya adalah perilaku sosial seseorang. Perilaku adalah sikap yang ditunjukan dengan perasaan, tindakan, sikap keyakinan, kenangan atau rasa hormat terhadap orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan dampak negatif game online terhadap siswa kelas VI SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain action research. Menurut Moleong (2007:6) penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, sikap, secara holistic dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Instrument dalam penelitian ini adalah hasil wawancara peneliti dengan subyek penelitian dan orang tua dari masing-masing subyek. Dalam hal ini peneliti tidak hanya sebagai pelapor hasil penelitian, namun peneliti juga sebagai perencana, pelaksana pengumpulan data, penganalisis data, serta penafsiran data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi. Dalam menganalisis data kualitatif terdapat 5 tahapan yaitu membaca data, koding, kategorisasi, reduksi, interpretasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara dengan lima orang siswa menunjukkan bahwa game online berdampak negatif dan berdampak positif. Dampak negatif dari game online antara lain anak menjadi malas belajar, anak menjadi lupa dengan kegiatan lain serta anak menjadi kurang menghargai waktu. Untuk meminimalkan dampak negatif tersebut peneliti memberikan tindakan untuk siswa melalui orangtua. Setelah diberikan tindakan melalui orang tua yang harus diberikan kepada anak selama satu minggu, mulai terlihat bahwa terdapat perubahan sikap anak yang tadinya kurang menghargai kegiatan yang lain sekarang lebih dapat menghargai kegiatan yang lain selain bermain game. Dari hasil penelitian lima orang siswa kelas VI menunjukkan bahwa terdapat dampak negtif yang ditimbulkan dalam bermain game online. Namun dampak tersebut dapat diatasi dengan diberlakukannya tindakan kepada masing-masing anak setiap harinya secara rutin. Sehingga dampak negatif yang timbul dapat terminimalisir dengan tindakan yang dilakukan oleh orangtua
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)