Hasil belajar mencakup kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Hasil belajar adalah hasil yang didapat oleh peserta didik selama proses belajar mengajar berlangsung. Hasil belajar perlu ditingkatkan oleh peserta didik dalam belajar. Guru berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran di kelas, yaitu model pembelajaran generatif. Model pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki peserta didik sebelumnya. Maka pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakannya dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab permasalahan yang dihadapi, maka pengetahuan baru itu akan disimpan dalam memori jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Johar Baru 10 Jakarta Pusat Tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan nonequivalent grup pretest-posttest design. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlakukan. Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 27 orang peserta didik yaitu pada kelas VB dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Sampel pada kelas kontrol berjumlah 27 orang peserta didik yaitu pada kelas VA dengan menggunakan pembelajaran yang biasanya berlangsung. Berdasarkan analisis dengan uji-t, diperoleh nilai thitung yaitu sebesar 2,365 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel yaitu sebesar 1,675 dengan derajat kebebasan (dk) = 50 dan taraf signifikansi (a) = 0,05 (2,365 > 1,675) yang artinya ada perbedaan hasil posttest yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran generative dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran generatif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran generatif sebagai alternatif dalam proses pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. |