Anda belum login :: 20 Jul 2025 06:02 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Psychological Capital Dan Keberhasilan Usaha Pada Wirausahawan Etnis Tionghoa, Etnis Minang, Dan Etnis Jawa Di Pasar Modern Di Dki Jakarta
Bibliografi
Author:
ANDRI, NOFRI
;
Riyanti, B.P. Dwi
(Advisor);
Ronauli, Puji Tania
(Advisor)
Topik:
Psychological Capital
;
Keberhasilan Usaha
;
Wirausahawan
;
Etnis Tionghoa
;
Etnis Minang
;
Etnis Jawa
;
Pasar Modern
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2018
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Abstract
Psychological capital (psycap) merupakan salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi keberhasilan usaha. Aspek-aspek yang terdapat pada psychological capital yaitu hope, self-efficacy, resilience, dan optimism sangat berkaitan dengan sikap kerja seorang wirausahawan dan menjadi salah satu penunjang untuk mencapai keberhasilan. Sehingga, penelitian ini penting
dilakukan karena psycap dapat menjadi modal wirausahawan untuk lebih berkompeten dalam menjalankan usahanya. Dengan memaksimalkan psycap, maka wirausahawan akan mencapai keberhasilan usaha yang diinginkan. Selain psycap, faktor budaya juga turut berpengaruh terhadap sikap, perilaku, kebiasaan, maupun sentimen tertentu termasuk perilaku wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah gambaran psycap dan keberhasilan usaha secara deskriptif non-eksperimental pada wirausahawan etnis Tionghoa, Minang, dan Jawa di pasar modern di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu psychological capital
questionnaire yang terdiri dari 21 item untuk mengukur psycap dan balanced scorecard untuk mengukur keberhasilan usaha yang terdiri 11 item. Dengan mencari partisipan, peneliti menggunakan metode convenience sampling dengan karakteristik wirausaha dengan jenis usaha mikro dan kecil, berasal dari etnis Tionghoa, Minang, dan Jawa, serta telah memiliki usaha minimal enam bulan. Data yang terkumpul sebanyak 207 partisipan dan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tiap dimensi psycap yaitu selfefficacy, hope, resilience, dan optimism, pada wirausahawan etnis Jawa sebagian besar berada pada taraf sangat tinggi. Sedangkan, pada etnis Tionghoa dan Minang sebagian besar berada pada taraf tinggi . Kemudian, untuk analisis data tiap dimensi keberhasilan usaha menunjukkan bahwa wirausahawan etnis Jawa berada pada taraf tinggi untuk dimensi proses bisnis internal, taraf cukup untuk dimensi finansial, dan taraf sangat rendah untuk dimensi pelanggan. Wirausahawan etnis Tionghoa berada pada taraf cukup untuk dimensi proses bisnis internal, taraf rendah untuk dimensi finansial, dan taraf sangat rendah untuk dimensi pelanggan. Wirausahawan etnis Minang berada pada taraf rendah untuk dimensi proses bisnis internal dan finansial, sedangkan dimensi pelanggan berada pada taraf sangat rendah.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)