Anda belum login :: 08 May 2025 08:09 WIB
Detail
ArtikelDimensi Manusia dalam Organisasi: Suatu Kajian Teoritis dari Perspektif Manajemen Kualitas  
Oleh: Raharja, Sam'un Jaja
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Sosiohumaniora Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora vol. 7 no. 01 (Mar. 2005), page 1-14.
Topik: Kualitas; Pelibatan; Pemberdayaan; Pembelajaran; Imbalan
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: S94
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelkegagalan berbagai pendekatan lama dalam kualitas yang bertumpu pada basis perspektif bentuk (content perspective) karena mengabaikan faktor manusia dalam organisasi, telah menggeser pandangan ke perspektif proses yang lebih kontekstual (context perspective) yang memandang kualitas tidak lagi bertumpu pada produk atau jasa ansich, tetapi juga meliputi attitudes dan values dimensi manusia yang sebagai suatu proses yang terintegrasi dan menjadi tanggung jawab seluruh kkomponen dalam perusahaan. kata lain kualitas merupakan komitmen sumua pihak dalam organisasi. guna menumbuhkan komitmen dalam organisasi, salah satunya adalah menerapkan the quality of management dengan komponen-komponen utamanya: pelibatan, pembelajaran, pemberdayaan dn sistem reward. seluruh unsur dalam the quality of management saling terhubung satu sama lain secara simetis. penerapan quality of management dipengaruhi oleh terpenuhinya kondisi awal (pra-kondisi) dan asumsi-asumsi perubahan cara pandang tentang pekerja dalam organisasi sebagai mitra, komunikasi dan dialog dalam organisasi yang akan menumbuhkan pelibatan, semangat untuk selalu berfikir secara dinamis meningkatkan kinerja organisasi yang akan mendorong melakukan pembelajaran, pimpinan organisasi mau dan berani memberikan delegasi kewenangan dan tanggung jawab kepada bawahan dalam mengambil keputusan (diskreasi) sebagai bentuk pemberdayaan dan sejalan dengan ada imbalan (reward) dan penghargaan yang sesuai dengan kewenangan dan tanggungjawab para pekerja. kesimpulan yang adpat ditarik bahwa kualitas yang duhasilkan oleh organisasi ternyata ditentukan oleh unsur manusia.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)