Anda belum login :: 09 May 2025 09:15 WIB
Detail
ArtikelMotivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Permodalan Koperasi Melalui Aplikasi Model Kognitif Gagne  
Oleh: Irwan
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Makara Seri Sosial Humaniora vol. 14 no. 01 (Jul. 2010), page 17-24.
Topik: Motivasi Belajar; Permodalan Koperasi; Model Pembelajaran Kognotif Robert Gagne; Hasil Belajar
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM66
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSecara spesifik tujuan penelitian ini adalah (1) menigkatkan hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi pada mata kuliah Permodalan Koperasi hingga memperoleh nilai rerata minimal "B+" sebagai efek pembelajaran (instructional effects) yang diciptakan dosen dan (2) meningkatkan motivasi belajar mahasiswa sebagai efek sertaan (murturant effects). Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas ini dirancang untuk kelas yang berjumlah 40 mahasiswa. Penelitian dirancang untuk 3 siklus, setiap siklus dimulai dengan revisi untuk rencana dan pelaksanaan siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah siklus III, nilai rata-rata hasil belajar mencapai 75,67. Motivasi belajar mahasiswa mencapai kriteria tinggi. Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Hal ini berarti bahwa jika motivasi belajar siswa tinggi maka hasil belajar siswa aan tinggi pula. Sebagai simpulan akhir dapat dinyatakan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kognotif Robert Gagne pada mata kuliah Permodalan Koperasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)