Anda belum login :: 05 Sep 2025 08:41 WIB
Detail
BukuKonstelasi Paradigma Objektif dan Subjektif dalam Penelitian Komunikasi dan Sosial
Bibliografi
Author: Hasbiansyah, O.
Bahasa: (ID )    
Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Others (lainnya)
Fulltext: 1157-2363-1-PB_.pdf (417.86KB; 5 download)
Abstract
Paradigma berkaitan dengan cara memandang terhadap realitas. Realitas yang sama akan tampak berbeda bila dilihat dengan paradigma yang berbeda. Dalam ilmu sosial dan komunikasi, terdapat sejumlah paradigma, biasanya secara sederhana dikelompokkan secara
dikotomis ke dalam paradigma objektif, yang lebih populer dengan istilah kuantitatif, dan subjektif, yang lebih dikenal dengan sebutan kualitatif. Paradigma objektif memandang bahwa realitas itu tunggal dan objektif, kebenaran itu bersifat universal, ilmu dikembangkan dalam konteks yang bebas nilai. Paradigma subjektif memandang realitas sebagai majemuk, hasil konstruksi sosial, dan kebenaran yang diperoleh itu sifatnya relatif yang hanya berlaku pada wilayah geografis tertentu, serta ilmu dikembangkan tidak bebas nilia. Paradigma mengimplikasikan pada metode peneltian. Dalam paradigma objektif dikenal, antara lain, metode penelitian survei dan eksperimen. Dalam paradigma subjektif dikenal, atara lain, pendekatan fenomenologi, studi kasus, etnografi, biografi, grounded theory.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)