Anda belum login :: 07 Jun 2025 11:16 WIB
Detail
BukuGambaran Mengenai Pola Kelekatan Ibu-Anak Dan Kompetensi Sosial Anak Prasekolah (Studi Pada Ibu Tidak Bekerja Dan Ibu Bekerja)
Bibliografi
Author: MARCYTA, FADILA ; Shanti, Theresia Indira (Advisor)
Topik: Pola Kelekatan; Kompetensi Sosial; Ibu Tidak Bekerja dan Ibu Bekerja
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Fadila Marcyta’s Undergraduate Theses.pdf (571.4KB; 52 download)
Abstract
Bagi anak prasekolah yang telah mengikuti program pendidikan TK, dibutuhkan kompetensi sosial yang baik agar anak dapat menyesuaikan diri di lingkungan baru. Kompetensi sosial ini dapat dipengaruhi pola kelekatan yang dibangun antara ibu dan anak. Peneliti menemukan terdapat kontradiksi pada beberapa penelitian terdahulu antara ibu tidak bekerja dan ibu bekerja dalam membentuk pola kelekatan yang dapat mempengaruhi kompetensi sosial anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan melihat gambaran pola kelekatan ibuanak dan kompetensi sosial anak prasekolah pada ibu tidak bekerja dan ibu bekerja, serta pengaruh pola kelekatan ibu-anak terhadap kompetensi sosial anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (dengan memakai kuesioner) dan kualitatif (dengan wawancara). Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk melihat adanya perbedaan pola kelekatan dan kompetensi sosial antara ibu tidak bekerja dan ibu bekerja, serta melihat pengaruh pola kelekatan terhadap kompetensi sosial. Pendekatan kualitatif dilakukan untuk melihat gambaran perbedaan pola kelekatan dan kompetensi sosial anak prasekolah antara ibu tidak bekerja dan ibu bekerja. Hasil dari pengujian statistik menyatakan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pola kelekatan dan kompetensi sosial anak prasekolah antara ibu tidak bekerja dan ibu bekerja, namun berdasarkan wawancara peneliti menemukan terdapat beberapa perbedaan perilaku ibu tidak bekerja dan ibu bekerja dalam membangun pola kelekatan dengan anak. Perbedaan perilaku tersebut berupa waktu dan bentuk interaksi, rasa percaya kepada ibu, serta respon yang ibu berikan ketika menenangkan anak. Hasil pengujian statistik juga menyatakan bahwa pola kelekatan aman adalah pola kelekatan yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi sosial anak prasekolah. Diskusi penelitian membahas hasil data kuantitatif yang menyatakan tidak terdapat perbedaan signifikan pada pola kelekatan dan kompetensi sosial antara ibu tidak bekerja dan ibu bekerja yang disebabkan mayoritas ibu mengembangkan pola kelekatan yang aman dan sebagian besar anak prasekolah memiliki skor kompetensi yang tinggi. Hasil ini berbeda dengan hasil data kualitatif, di mana terdapat perbedaan gambaran perilaku ibu tidak bekerja dan ibu bekerja yang disebabkan adanya perbedaan pada beberapa ibu bekerja. Kelemahan penelitian ini, yaitu hanya fokus
pada pola kelekatan antara ibu-anak saja dan norma alat ukur yang digunakan pada penelitian ini belum baku karena adanya keterbatasan peneliti dalam kemampuan uji norma dan jumlah partisipan. Pada penelitian selanjutnya, diharapkan memperluas populasi penelitian dan melihat variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi pola kelekatan ibu-anak dan kompetensi sosial anak prasekolah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)