Media Pembelajaran adalah alat bantu yang dapat digunakan untuk memotivasikan siswa dan menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar siswa dan mencapai tujuan yang ingin dicapai. Media pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. hasil belajar siswa adalah perubahan tingkah laku yang berupa kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa yang mencakup bidang kognitif, dan psikomotorik yang diperoleh dengan tes dan non-tes. Media pembelajaran digunakan pada tema peduli terhadap makhluk hidup yang membahas tentang daur hidup tumbuhan dan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tema peduli terhadap makhluk hidup pada siswa kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 01 Pagi. Subjek penelitian guru kelas dengan siswa berjumlah 28 siswa. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak dua siklus pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan media pembelajaran video, power point, poster dan kolase. Media pembelajaran video yang digunakan membahas mengenai daur hidup tumbuhan jagung dan daur hidup hewan kupu-kupu yang bertujuan untuk merangsang pengetahuan dan pemahaman siswa dengan mengkaitkan isi video dengan materi pelajaran yang akan dipelajari, sedangkan media pembelajaran power point yang digunakan membahas mengenai daur hidup hewan yang bertujuan untuk menjelaskan mated pembelajaran yang akan dipelajari sehingga materi pelajaran yang akan dipelajari lebih mudah dimengerti oleh siswa. Media pembelajaran pembuatan poster dan kolase. Pembuatan poster yang digunakan membahas mengenai daur hidup tumbuhan dan pembuatan kolase yang digunakan membahas mengenai daur hidup hewan. Penggunaan media pembelajaran juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata postes meningkat sebanyak 21 point dari 57 di siklus pertama menjadi 78 di siklus kedua. Dapat dilihat juga dari rata-rata pembuatan poster sebanyak 82.50 di siklus pertama menjadi 91.25 pembuatan kolase di siklus kedua. Dan dapat dilihat juga dari nilai KKM 14 siswa (50%) di siklus pertama menjadi 27 siswa (96.4%) di siklus kedua.Jadi disimpulkan penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV tema peduli terhadap makhluk hidup. Dengan demikian disarankan guru dapat menggunakan media pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. |