Anda belum login :: 23 Jul 2025 18:12 WIB
Detail
BukuAnalisis Strategi Toko Konvensional Menghadapi Tantangan Toko Online dalam Perdagangan Alat Teknik di Jakarta
Bibliografi
Author: PRAJA, ADJI YUDHA ; Sirait, George Martin (Advisor)
Topik: Bisnis Internasional; Strategi Bisnis; Persaingan Bisnis; Alat Teknik; Bisnis Model Kanvas; Konvensional Vs Online.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Adji Yudha’s Undergraduate Theses.pdf (8.25MB; 35 download)
Abstract
Perkembangan sistem dan kemudahan dalam berbelanja online menyebabkan banyaknya peminat toko online yang berasal dari berbagai kalangan. Pada perdagangan alat teknik yang berpusat di Glodok Jaya, toko-toko konvensional yang biasanya tidak pernah sepi pengunjung, sekarang mulai merasakan dampak dari berkembangnya toko online. Banyak toko yang tutup karena tidak mampu bertahan dengan perubahan zaman. Oleh karena itu penting untuk memikirkan bagaimana strategi yang tepat untuk dapat memenangkan persaingan dengan toko online dalam perdagangan alat teknik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui situasi dan kondisi dari industri alat teknik di Jakarta; kedua untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal perusahaan yang bergerak di bidang alat teknik; dan terakhir adalah untuk mengetahui strategi terbaik untuk toko konvensional dalam menghadapi toko online dalam perdagangan alat teknik di Jakarta. Metode yang digunakan untuk menganalisis lingkungan industri alat teknik adalah dengan menggunakan Five Forces Porter. Kemudian untuk memahami strategi seperti apa yang sekarang digunakan oleh toko konvensional alat teknik, dilakukan analisis perusahaan menggunakan SWOT dan Bisnis model kanvas yang diajukan pada 2 toko konvensional yaitu Jaya Timur Laut dan Lippro Tools. Terakhir untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda, peneliti juga melakukan analisis perusahaan pada toko online yaitu Depo Teknik. Setelah mengetahui strategi bersaing yang digunakan oleh tiap jenis perusahaan, peneliti merumuskan strategi bersaing yang terbaik untuk toko konvensional dalam menghadapi tantangan toko online dalam perdagangan alat teknik sekarang ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh Jaya Timur Laut sekarang adalah strategi diferensiasi yang diwujudkan dari keberangaman produk dan pelayanan yang menjadi value utama dari Jaya Timur Laut. Strategi diferensiasi yang sekarang digunakan oleh Jaya Timur Laut juga dapat dikombinasikan dengan strategi fokus dalam artian terus mempertahankan keunggulan kompetitif yang dimiliki sekarang dan memfokuskannya untuk para pemilik bengkel yang menjadi target pasar dari Jaya Timur Laut. Melalui penelitian ini juga diketahui bahwa Jaya Timur Laut harus berusaha untuk menurunkan harga jual untuk tiap produk dan mengikuti harga pasaran sekarang, agar dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli produknya. Jaya Timur Laut juga sebaiknya tetap konsisten dengan keunggulan yang sekarang dimiliki agar dapat mempertahankan para pelanggan setianya. Dalam rangka mengembangkan toko online, Jaya Timur Laut juga dapat menambahkan satu divisi khusus atau memperkerjakan SDM yang mahir dalam digital marketing agar dapat fokus untuk mengembangkan toko online-nya tersebut.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)