Anda belum login :: 21 Jul 2025 22:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Asesmen Teman Sejawat Pada Pembelajaran Kolaboratif Pemecahan Masalah Akuntansi Perusahaan Jasa
Oleh:
Suratno
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 13 no. 2 (2009)
,
page 198-226.
Topik:
Asesmen Teman Sejawat
;
Pembelajaran Kolaboratif
;
Pemecahan Masalah Akuntansi
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP64
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptabilitas dan keefektifan model Asesmen Teman Sejawat (ATS) untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah bidang Akuntansi Perusahaan Jasa. Subjek coba adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unlam. Instrumen pengumpulan data terdiri atas: (1) tiga macam tes kemampuan pemecahan masalah, (2) angket skala lajuan kemampuan kerjasama kolaboratif, (3) rubrik penilaian analitik dan (4) log dan jurnal belajar. Data dianalisis dengan GLM Repeated Measures dan statistik non-parametrik. Kesimpulan menunjukkan bahwa ATS: (1) secara signifikan lebih baik daripada model asesmen konvensional. (2) tidak selalu tepat untuk mengungkap penguasaan kemampuan pemecahan masalah yang bersifat noveltY, (3) memiliki kelayakan, adaptabilitas dan keberfungsian sebagai asesmen pelengkap untuk mengubah kultur belajarmengajar konvensional, (5) yang ideal memiliki bobot proporsi untuk dosen berkisar antara 50% -75% dan untuk mahasiswa berkisar antara 50% -90%, dan (6) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan kerjasama individu dan kelompok dalam belajar.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)