Saat ini di Indonesia penjualan e-commerce sangat pesat melihat mulai bermunculan perusahaan berbasis e-commerce di Indonesia. Tokopedia merupakan salah satu online marketplace terbesar di Indonesia yang sudah berdiri dari tahun 2009. Meskipun begitu, risiko yang terjadi di semua online marketplace hampir sama yaitu financial risk, information security, delivery risk, product risk, dan convenience risk. Sehingga tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis pengaruh Financial Risk, Information Security, Delivery Risk, Product Risk, dan Convenience Risk Terhadap Online Shopping Behavior di Tokopedia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari menyebarkan kuesioner secara online di komunitas Tokopedia yang berada di Facebook. Kuesioner disebarkan kepada 376 responden yang merupakan pembeli aktif Tokopedia. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yaitu simple random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah financial risk, information security, delivery risk, product risk, dan convenience risk memiliki pengaruh negatif terhadap online shopping behavior di Tokopedia. |