Anda belum login :: 28 Apr 2025 21:41 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Penyesuaian Diri Guru Sebagai Fasilitator Di Sekolah Berbasis Montessori
Bibliografi
Author:
DENISA, KEZIA
;
Pandia, Weny Savitry S.
(Advisor)
Topik:
Penyesuaian Diri
;
Evaluasi Guru
;
Sekolah Berbasis Montessori
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2017
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Kezia Denisa's Undergraduate Theses.pdf
(836.39KB;
105 download
)
Abstract
Peran guru sebagai fasilitator merupakan hal yang penting untuk dilakukan di sekolah berbasis Montessori. Dalam hal ini, penyesuaian diri guru sebagai fasilitator menentukan keberhasilan tercapainya tujuan sekolah. Menurut teori Newman dan Newman, penyesuaian diri adalah proses aktif yang mengacu kepada adanya usaha kreatif untuk hidup secara kreatif. Tantangan bagi guru baru yang sebelumnya tidak pernah mengajar di sekolah berbasis Montessori adalah harus menyesuaikan diri dengan perannya sebagai fasilitator. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan penyesuaian diri guru sebagai fasilitator di sekolah berbasis Montessori. Penelitian menggunakan metode kualitatif dalam bentuk wawancara dan observasi. Ketiga partisipan merupakan guru di sekolah Montessori yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman mengajar di sekolah Montessori. Teknik pemilihan partisipan dengan menggunakan purposive sampling yakni penentuan subjek didasarkan atas tujuan penulis dalam mengungkap masalah yang diangkat dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing partisipan menyesuaikan diri dengan cara yang berbeda-beda. Hal tersebut terlihat dari aspek-aspek penyesuaian diri guru terhadap evaluasi di sekolah berbasis Montessori. Ada beberapa faktor yang memengaruhi guru untuk menyesuaikan diri secara positif dan negatif yaitu faktor fisiologis, psikologis, perkembangan dan kematangan, lingkungan dan budaya serta agama. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi pihak sekolah dan guru khususnya di sekolah
berbasis Montessori.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)