Anda belum login :: 16 Apr 2025 10:05 WIB
Detail
ArtikelPerpaduan PCL Dan Pelatihan Metakognitif dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika  
Oleh: Dewanti, Shinta Sih
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 13 no. 1 (2009), page 21-39.
Topik: Pembelajaran Matematika; PCL; Pelatihan Metakognitif; Kemampuan Pemecahan Masalah
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: PP64
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPene1itian ini bertujuan memperoleh data empiris mengenai: (1) keefektifan Problem-Centered Learning (PCL); (2) ketuntasan belajar k1asikal; dan (3) sikap siswa terhadap pembelajaran pemecahan masalah matematika menggunakan perpaduan pendekatan PCL dan pelatihan metakognitif. Pene1itian ini merupakan pene1itian eksperimen semu dengan desain tes prasyarat dan tes awal -tes akhir dengan tiga kelompok eksperimen. Populasi pene1itian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Sampel diambil secara acak bertingkat. Data dikumpu1kan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan skala sikap dan dianalisis dengan statistik deskriptifdan inferensial dengan Anakova dua kovariat dilanjutkan dengan uji Tukey's HSD, sedangkan j ketuntasan belajar diana1isis dengan uji Chi-kuadrat. Hasil ; pene1itian menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan : pendekatan ekspositori, perpaduan pendekatan PCL dan pelatihan metakognitif lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan menghasilkan ketuntasan belajar yang secara signifikan lebih besar. Siswa juga bersikap positif terhadap pembelajaran pemecahan masalah matematika menggunakan perpaduan pendekatan PCL dan pelatihan metakognitif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)