Anda belum login :: 04 Jun 2025 19:11 WIB
Detail
BukuUpaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa kelas IISD Negri 08 Pagi Tegal Alur, Jakarta Barat.
Bibliografi
Author: JAYANTI ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: hasil belajar; Pembelajaran IPS; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2018    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Hasil belajar adalah suatu pemberian nilai pada pencapaian kognitif dan afektif yang dimiliki siswa dalam kegiatan proses pembelajaran yang telah dialami. Afektif/sikap yang ingin ditingkatkan adalah bersahabat/komunikatif. IPS adalah salah satu mata pelajaran yang ada di Sekolah Dasar. Pembelajaran IPS suatu pembelajaran yang mendidik tetapi juga membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan yang ada pada diri siswa terhadap lingkungan tempat dan melakukan berbagai hubungan interaksi dengan siswa atau individu lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan kelompok kecil yang beranggotakan 4 sampai 5 siswa, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan lima komponen utama model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu presentasi kelas, tim, kuis, skor kemajuan individual dan rekognisi tim.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subjek yang menerima tindakan penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negri 08 Pagi Tegal Alur, Jakarta Barat dengan jumlah 32 siswa, 18 laki-laki dan 14 perempuan.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa: 1. Hasil belajar aspek kognitif dan afektif yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata aspek kognitif sebelum siklus 62,65 dan postes dari 67,5 menjadi 88 maka peningkatan pada aspek kognitif sebesar 23,35. Nilai rata-rata afektif meningkat yaitu sebelum siklus 54,15, dari 67,59 menjadi 74,72 maka peningkatan aspek afektif sebesar 20,57. Kemudian setiap nilai rata-rata hasil belajar (kognitif dan afektif) dibandingan dengan nilai KKM IPS sebesar 65. Model pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajara melalui lima komponen utama STAD. 2. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat membantu siswa kelas II meningkatkan pengetahuan dan sikap bersahabat/berkomunikasi dengan teman-temannya melalui kegiatan belajar yang dibentuk secara berkelompok pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disarankan agar guru dapat menerapkan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas sehingga pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.0625 second(s)