Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebijakan mutasi pada organisasi pemerintah yang selalu menimbulkan kegelisahan pada para pegawai. Informasi terkait kebijakan tersebut terkadang tidak terdistribusi dengan baik kepada pegawai. Oleh karena itu manajeman komunikasi yang baik diperlukan untuk dapat mengatasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi, implemantasi, dan evaluasi atas komunikasi kebijakan sumber daya manusia tersebut pada organisasi pemerintah. Manajemen komunikasi dalam penelitian ini dibahas dengan teori proses manajemen komunikasi empat langkah dari Cutlip, Center, dan Broom. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Hasil penelitian menemukan bahwa organisasi pemerintah telah melakukan langkah-langkah strategi komunikasi dan memenuhi prinsip-prinsip implementasi komunikasi efektif dengan cukup baik meskipun tidak disusun dan dilaksanakan secara khusus. Selain itu, hasil dari evaluasi terhadap perencanaan, implementasi, dan dampak komunikasi juga sudah baik. |