Anda belum login :: 24 Jul 2025 07:10 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dalam Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Studi Kasus: Perusahaan Kayu (PK) Simek, FOLKSY, dan Dream Watch Project
Bibliografi
Author:
KHARISMA, NOVILIA
;
Fatma, Andina Dian Dwi
(Advisor)
Topik:
Komunikasi Pemasaran
;
IMC
;
Promotional Mix
;
Interactive Marketing.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2017
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Novilia Kharisma’s Undergraduate Theses.pdf
(3.07MB;
35 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAK-134
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas komunikasi pemasaran dalam UMKM, yaitu PK. Simek, FOLKSY, dan Dream Watch Project. Walupun PK. Simek menggunakan media offline, FOLKSY menggunakan media online dan offline dan Dream Watch Project yang hanya menggunakan media online dalam melakukan pemasaran, namun ketiganya memiliki persamaan, yaitu ketiganya memanfaatkan media sosial untuk kegiatan pemasaran. Walaupun menggunakan media sosial, namun pemanfaatan dan manfaatnya berbeda-beda untuk masing-masing UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan landasan teori berfokus kepada IMC. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam yang berfokus kepada dua orang yang berhubungan dengan perencanaan pemasaran UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM juga menggunakan beberapa elemen yang ada dalam promotional mix, seperti advertising, direct marketing, sales promotion, dan interactive marketing. Interactive marketing yang sekarang ini dianggap mampu menggantikan media-media lama, namun tidak semua UMKM dapat memanfaatkannya. Bisa dikatakan bahwa interactive marketing terbatas untuk beberapa UMKM. Media-media tradisional juga tetap dapat digunakan sebagai alat pemasaran bagi UMKM. Walaupun interactive marketing lebih memudahkan UMKM dalam melakukan pemasaran, UMKM tetap harus membuat rencana dan strategi supaya manfaat penggunaan interactive marketing dapat dirasakan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)