Anda belum login :: 06 May 2025 20:59 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Strategi Pemasaran Business-To-Business Di PT. UBER INDONESIA TECHNOLOGY
Bibliografi
Author:
BUNYAMIN, GABRIELLA RACHEL
;
Sijabat, Rosdiana
(Advisor)
Topik:
International Business
;
Business to Business
;
MNC
;
8P
;
CRM
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2017
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Gabriella Rachel Bunyamin’s Undergraduate Theses.pdf
(5.39MB;
100 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1929
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Perkembangan jaman yang semakin terintegrasi dengan teknologi membuat para pengusaha semakin berinovasi untuk menghubungkan kebutuhan dasar manusia dengan teknologi, termasuk inovasi perkembangan transportasi yang dipopulerkan Uber Technology Inc. sebagai pionir di industri transportasi online global. Dalam rencananya untuk memudahkan kegiatan transportasi bagi banyak individu maupun kelompok, Uber hadir di kota-kota besar di seluruh dunia termasuk di Indonesia dengan nama PT. Uber Indonesia Technology. Salah satu jenis layanan yang ditawarkan PT. Uber Indonesia Technology adalah layanan business-to-business (B2B) Uber for Business yang dipasarkan kepada perusahaan-perusahaan di kota-kota Indonesia. Strategi pemasaran yang dilakukan PT. Uber Indonesia Technology diteliti dengan menggunakan metode kualitatif yang berdasarkan Integrated Service Marketing (bauran pemasaran 8P) dan Customer Relationship Management (CRM). Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dua orangnarasumber dari PT. Uber Indonesia Technology yaitu Uber for Business specialist dan staff Uber for Business. Wawancara mendalam digunakan untuk mengkaji penerapan strategi pemasaran B2B serta untuk mengetahui hubungan penjual-pembeli B2B di PT. Uber Indonesia Technology. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur terkait dari berbagai sumber yang digunakan untuk mendukung analisis penerapan strategi dan CRM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemasaran Uber for Business, produk yang ditawarkan memiliki nilai tambahan berupa pelayanan bantuan yang dapat diakses 24 jam via aplikasi dan layanan support langsung dari sales team Uber for Business. Place untuk mencari informasi dan menggunakan Uber for Business diakses via online dan dapat ditemukan di uber.com/business dan para peminat dapat melakukan proses (process) pendaftaran sampai penggunaan seluruh produk Uber for Business melalui situs uber.com/business. Elemen productivity and quality Uber for Business dipengaruhi oleh biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan untuk mendapatkan pelayanan tertentu, dengan biaya service fee yang proporsional dengan penggunaan bulanan, maka pelanggan dapat memiliki ekspektasi yang sesuai dengan pembayaran per bulan tersebut. Fitur-fitur unggulan Uber for Business seperti pengontrolan kebijakan perusahaan merupakan physical evidence yang dapat membantu para pelanggan menvisualisasikan jasa yang ditawarkan Uber. Untuk memasarkan produk B2B Uber for Business, para pegawai harus mampu mempersuasi pelanggan potensial untuk mendaftar menggunakan Uber for Business dan PT. Uber Indonesia Technology memiliki standar untuk konten informasi yang diberikan kepada pelanggan dan setiap anggota harus melewati tahap pelatihan yang dilakukan di minggu pertama mereka bekerja. Para sales team menghubungi para leads yang diperoleh dari leads generator dan melakukan promosi (promotion) dengan presentasi dan pitching. Harga (price) yang ditawarkan untuk Uber for Business bergantung pada jenis akun yang digunakan. Para pelanggan dapat memilih jenis akun yang lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan masing-masing, terdapat dua jenis akun yaitu: akun standar tidak dikenakan biaya dan akun premium yang dikenakan 10 persen dari total penggunaan per bulan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dari akun standar. Dalam penerapan manajemen hubungan pelanggan, PT. Uber Indonesia Technology menggunakan leads generator untuk mensortir perusahaan yang berminat menggunakan Uber for Business. Perusahaan yang berminat dapat meninggalkan kontaknya di leads generator agar dapat dihubungi oleh sales team Uber for Business, sehingga dengan metode ini, PT. Uber Indonesia Technology mampu mengidentifikasi pelanggan yang tepat. Dimulai dari uber.com/business, Uber mampu menawarkan beragam layanan sekaligus, termasuk pemberian informasi, pendaftaran akun dan bantuan bagi para calon pelanggan maupun pelanggan lama dan melalui Uber for Business, PT. Uber Indonesia Technology menawarkan nilai yang mampu memenuhi kebutuhan yang ada di pasar, yaitu transportasi bagi siapapun, di manapun dan kapanpun, termasuk perusahaan yang sering melakukan perjalanan bisnis. Produk yang invoatif tersebut mendorong para anggota sales team Uber for Business untuk memasarkan dan menyebarkan informasi mengenai Uber for Business dan dengan dorongan tersebut, mereka termotivasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan lama maupun calon pelanggan. Pelayanan pelanggan yang baik dapat meningkatkan kualitas hubungan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap produk dan merek Uber.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)