Anda belum login :: 30 Apr 2025 17:38 WIB
Detail
BukuAnalisis Yuridis Perlindungan Konsumen Terhadap Promo Undian Berhadiah dan Upaya Penyelesaian Sengketa Ditinjau Dari Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
Bibliografi
Author: NADINE, CLARISSA LEWINA ; Wulandari, Bernadetta Tjandra (Advisor)
Topik: Ekonomi Bisnis; Iklan; Perlindungan Konsumen; Iklan Undian Berhadiah; Promo Undian; Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Clarissa Lewina Nadine’s Undergraduate Theses.pdf (435.25KB; 121 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FH-4420
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Iklan merupakan sarana penyampaian informasi mengenai suatu barang atau jasa dari pelaku usaha kepada calon konsumennya. Berbagai trik pemasaran melalui iklan promosi undian berhadiah, penawaran harga khusus, penawaran hadiah langsung dan penawaran menarik lainnya yang bertujuan mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Oleh karenanya, pelaku usaha senantiasa mengoptimalisasi peran media iklan dalam mengkomunikasikan produknya agar dapat menarik minat konsumen. Promosi undian berhadiah menjadi salah satu strategi yang cukup ampuh untuk menarik minat konsumen untuk membeli produknya. Namun, tidak sedikit konsumen yang merasa dirugikan akibat promosi undian berhadiah yang dilakukan pelaku usaha sehingga perlulah diketahui bagaimana bentuk perlindungan hukum yang dapat diberikan kepada konsumen terhadap iklan yang menyesatkan dari kegiatan promo undian berhadiah menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta penyelesaian sengketa yang dapat ditempuh konsumen terkait promo undian berhadiah yang tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan. Dengan metode penelitian yuridis normatif yang akan menganalisis bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen dan bagaimana penyelesaian sengketa yang dapat ditempuh konsumen atas kerugian yang dialami, sehingga diketahui sejauh mana Undang-Undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dapat memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen ketika dirugikan oleh kegiatan yang dilakukan pelaku usaha. Sanksi pidana yang diatur dalam Pasal 62 ayat (1) dan ayat (2) serta hukuman tambahan yang diatur dalam Pasal 63 Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menjadi bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan akibat kegiatan promo undian berhadiah. Dalam Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menjelaskan terdapat 2 mekanisme penyelesaian sengketa yang dapat ditempuh oleh konsumen yaitu melalui pengadilan umum (litigasi) dan melalui alternatif penyelesaian sengketa di luar pengadilan (non-litigasi) Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dengan cara mediasi, arbitrase dan konsiliasi. Pemerintah wajib melakukan pembinaan, pengawasan, dan membuka forum diskusi atau seminar agar dapat memberikan perlindungan bagi konsumen secara efektif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)