Anda belum login :: 02 May 2025 20:28 WIB
Detail
BukuSikap Siswa Kelas Ix Terhadap Pelaksanaan Layanan Informasi Di SMP Santa Maria Jakarta
Bibliografi
Author: Sari, Novita ; Wikarta, P.V. Sriyani (Advisor)
Topik: Pelaksanaan Layanan Informasi; Bimbingan Konseling; SMP
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2012034013-Novita Sari.pdf (3.63MB; 13 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-569
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Informasi merupakan salah satu hal yang penting dalam setiap ruang lingkup kehidupan, salah satunya dalam ruang lingkup pendidikan. Penyampaian informasi terkait masalah karir kepada siswa di sekolah menengah pertama dilakukan agar siswa dapat mengenal terlebih dahulu kemampuan, minat dan bakat yang siswa miliki. Layanan yang diberikan oleh guru BK terkait informasi karir meliputi pemberian materi, penggunaan media dan metode, serta karakteristik guru BK dalam menyampaikan informasi. Informasi karir di sekolah merupakan kegiatan layanan yang dilakukan di sekolah dengan tujuan untuk membantu siswa dapat memahami dirinya sendiri, dapat menyusun rencana dan membuat suatu keputusan yang tepat terkait dengan langkah karir yang dimiliki siswa. Informasi karir yang diberikan kepada siswa menggunakan media grafis, audiovisual, metode ceramah, diskusi, buku panduan dan konferensi karir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap pelaksanaan layanan informasi di SMP Santa Maria Jakarta. Penelitian dilakukan di SMP Santa Maria Jakarta dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX A dan C yang berjumlah 53 siswa/i. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik non-tes dengan menggunakan alat ukur skala sikap tipe Likert. Hasil ujicoba instrumen skala sikap dari 132 pernyataan didapatkan sebanyak 115 pernyataan yang valid dengan reliabilitas 0,966 dan r-tabel 0,276 dengan dibantu melalui program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 23 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 17% siswa di SMP Santa Maria menunjukkan respon yang positif dan 83% siswa menunjukkan respon yang Informasi merupakan salah satu hal yang penting dalam setiap ruang lingkup kehidupan, salah satunya dalam ruang lingkup pendidikan. Penyampaian informasi terkait masalah karir kepada siswa di sekolah menengah pertama dilakukan agar siswa dapat mengenal terlebih dahulu kemampuan, minat dan bakat yang siswa miliki. Layanan yang diberikan oleh guru BK terkait informasi karir meliputi pemberian materi, penggunaan media dan metode, serta karakteristik guru BK dalam menyampaikan informasi. Informasi karir di sekolah merupakan kegiatan layanan yang dilakukan di sekolah dengan tujuan untuk membantu siswa dapat memahami dirinya sendiri, dapat menyusun rencana dan membuat suatu keputusan yang tepat terkait dengan langkah karir yang dimiliki siswa. Informasi karir yang diberikan kepada siswa menggunakan media grafis, audiovisual, metode ceramah, diskusi, buku panduan dan konferensi karir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap pelaksanaan layanan informasi di SMP Santa Maria Jakarta. Penelitian dilakukan di SMP Santa Maria Jakarta dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX A dan C yang berjumlah 53 siswa/i. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik non-tes dengan menggunakan alat ukur skala sikap tipe Likert. Hasil ujicoba instrumen skala sikap dari 132 pernyataan didapatkan sebanyak 115 pernyataan yang valid dengan reliabilitas 0,966 dan r-tabel 0,276 dengan dibantu melalui program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 17% siswa di SMP Santa Maria menunjukkan respon yang positif dan 83% siswa menunjukkan respon yang Informasi merupakan salah satu hal yang penting dalam setiap ruang lingkup kehidupan, salah satunya dalam ruang lingkup pendidikan. Penyampaian informasi terkait masalah karir kepada siswa di sekolah menengah pertama dilakukan agar siswa dapat mengenal terlebih dahulu kemampuan, minat dan bakat yang siswa miliki. Layanan yang diberikan oleh guru BK terkait informasi karir meliputi pemberian materi, penggunaan media dan metode, serta karakteristik guru BK dalam menyampaikan informasi. Informasi karir di sekolah merupakan kegiatan layanan yang dilakukan di sekolah dengan tujuan untuk membantu siswa dapat memahami dirinya sendiri, dapat menyusun rencana dan membuat suatu keputusan yang tepat terkait dengan langkah karir yang dimiliki siswa. Informasi karir yang diberikan kepada siswa menggunakan media grafis, audiovisual, metode ceramah, diskusi, buku panduan dan konferensi karir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap pelaksanaan layanan informasi di SMP Santa Maria Jakarta. Penelitian dilakukan di SMP Santa Maria Jakarta dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX A dan C yang berjumlah 53 siswa/i. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik non-tes dengan menggunakan alat ukur skala sikap tipe Likert. Hasil ujicoba instrumen skala sikap dari 132 pernyataan didapatkan sebanyak 115 pernyataan yang valid dengan reliabilitas 0,966 dan r-tabel 0,276 dengan dibantu melalui program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 17% siswa di SMP Santa Maria menunjukkan respon yang positif dan 83% siswa menunjukkan respon yang cukup positif. Siswa di SMP Santa Maria Jakarta menunjukkan sikap yang positif terhadap pelaksanaan layanan informasi, terlihat dari dari hasil persentase yang lebih menunjukkan sikap yang positif dan cukup positif. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa yang tinggi pada komponen karakteristik konselor dengan rerata skor sebesar 137,5 (64,86%) dan menunjukkan respon yang kurang positif terhadap komponen metode dengan rerata skor sebesar 118,94 (56,1%). Hasil penelitian ini pun diharapkan dapat menjadi masukan untuk Kepala Sekolah dan Guru BK dapat mempertahankan layanan informasi yang telah diberikan dan mengembangkan beberapa metode dalam menyampaikan informasi kepada siswa, seperti melakukan sosiodrama atau membuat pohon karir.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)