Kehadiran teknologi di kehidupan saat ini memberikan kemudahan, efisiensi dan sangat membantu dalam berkomunikasi. Munculnya media sosial adalah salah satu bentuk teknologi yang dapat membantu penggunanya untuk berinteraksi atau berkomunikasi. Setiap media sosial memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda, hanya pengguna media sosial tersebut yang dapat merasakan kegunaannya. Maka, penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh perceived ease of use, critical mass, capability, dan perceived playfulness terhadap perceived usefulness, juga mengetahui pengaruh perceived usefulness dan trustworthiness terhadap actual use pada media sosial Instagram. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner online kepada 200 konsumen pengguna media sosial Instagram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel nonprobabilitas dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM), dengan menggunakan software LISREL 8.70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh perceived ease of use dan perceived playfulness terhadap perceived usefulness. Sedangkan pada critical mass dan capability tidak memiliki pengaruh terhadap perceived usefulness. Ada pengaruh perceived usefulness terhadap actual use, sedangkan trustworthiness tidak memiliki pengaruh terhadap actual use. |