Media video pembelajaran merupakan sebuah sarana perantara sebagai pengantar pesan yang memiliki tiga unsur yakni suara, tulisan dan gambar yang menjadi satu didalam video tersebut sehingga peserta didik tidak hanya bisa mendengar suara saja, melihat gambar, dan membaca tulisan saja. Lewat video pembelajaran peserta didik bisa mendapatkan ketiga unsur tersebut sekaligus, ditambah gambar-gambar yang ada dalam video bisa bergereak sehingga apa yang ditampilkan lebih konkret, hal ini sesuai dengan karakteristik peserta didik khususnya sekolah dasar yang belum mampu berpikir abstrak. Video pembelajaran hendaknya tidak secara lansung memaparkan materi tetapi ada baiknya peserta didik diberi pertanyaan yang memacu peserta didik untuk berpikir, setelah itu baru peserta didik diberi contoh yang spesifik mengenai materi yang dipelajarinya. Oleh karena itu diperlukan sebuah model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Penelitian pengembangan media video pembelajaran berdasarkan model temuan terbimbing pada materi bangun ruang untuk peserta didik kelas V SD ini diharapkan dapat memperbaiki dan menyempurnakan proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam mengembangkan video pembelajaran yang sesuai dengan judul saya. |