Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan orang untuk menyampaikan pesan pembelajaran. media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran yang terdiri atas buku, tape recorder, kaset, video camera, film, slide (gambar), grafik, televisi, dan komputer. Media kartu gambar masuk ke dalam kelompok media visual. Media visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip (film rangkai), slides (film bingkai) foto, gambar atau lukisan, dan cetakan. Peneliti menggunakan media kartu gambar agar siswa merasa tertarik dan memiliki keberanian dalam melatih keterampilan berbicara mereka. Pemilihan media kartu gambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dikarenakan sifatnya konkret dan gambar dapat mengatasi ruang dan waktu. Media kartu gambar yang berwarna juga membuat pembelajaran semakin menarik. (Sadiman 2014:29) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media kartu gambar pada siswa kelas II SDN Gandaria Selatan 03 Pagi. Penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang diharapkan dapat membantu peneliti dalam menjalankan penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti memilih 2 tahap kegiatan, yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I peneliti menggunakan media kartu gambar agar siswa menjadi antusias terhadap pembelajaran. Pada siklus II peneliti juga menggunakan media kartu gambar tetapi hanya materi pembelajaran yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis data pada aspek 1, yaitu vokal dan konsonan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 38.5%. Pada aspek 2, yaitu intonasi suara mengalami peningkatan sebesar 30.8%. pada aspek 3, yaitu vocabulary mengalami peningkatan sebesar 34.6%. Pada aspek 4, yaitu ketepatan urutan dialog mengalami peningkatan sebesar 7.7%. Pada aspek 5, yaitu kelancaran dialog mengalami peningkatan sebesar 50%. Pada siklus pertama sampai siklus kedua terdapat peningkatan pada nilai rata – rata kelas yaitu dari 6,8 menjadi 7,6. Peningkatan itu terlihat dari sikap berbicara setiap siswa yang berubah ke arah yang lebih baik pada tiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi guru sekolah dasar untuk dapat menggunakan media pembelajaran khususnya media kartu gambar dalam pelajaran Bahasa Inggris dalam melatih dan mengembangkan keterampilan berbicara siswa. |