Pembelajaran adalah upaya yang dilakukan oleh guru kepada siswa dengan tujuan untuk membantu siswa agar perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, dan dikuasai oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.Salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah dasar yaitu IPA. Di dalam pembelajaran IPA, siswa belajar mengenai peristiwa yang ada di alam, benda-benda yang ada di permukaan bumi melalui pengamatan indera maupun yang tidak diamati indera, bereksperimen, dan menganalisis sehingga siswa tidak hanya dapat memahami konsep namun juga dapat mengembangkan sikap sosial dari kegiatan pembelajaran tersebut. Salah satu sikap sosial yang dapat dikembangkan yaitu sikap bersahabat/komunikatif, toleransi, dan tanggung jawab. Sikap sosial yaitu sikap yang berhubungan dengan orang-orang atau kelompok yang diperoleh lewat pengalaman yang akan menimbulkan pengaruh pada sikap selanjutnya, sikap yang akan ditingkatkan dalam penelitian ini yaitu bersahabat/komunikatif, toleransi, dan tanggung jawab. Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa untuk memahami materi pelajaran sehingga siswa dapat mengungkapkan kembali dan memberikan uraian menggunakan kata-kata sendiri yang lebiih mudah dipahami.Model pembelajaran yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran IPA yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. STAD adalah model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok kecil 4-5 orang dengan 6 sintaks, yaitu presentasi kelas, kelompok, kuis, skor kemajuan perseorangan, dan peghargaan kelompok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Penelitian diklakukan dalam dua siklus dengan tahapan STAD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions untuk meningkatkan sikap sosial dan pemahaman konsep siswa kelas V SD Strada Budi Luhur I Bekasi Timur mata pelajaran IPA. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VB SD Strada Budi Luhur I Bekasi Timur dengan jumlah 41 siswa, 24 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa : 1. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan sikap sosial dan pemahaman konsep siswa melalui lima tahap pembelajaran kooperatif tipe STAD. 2. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan sikap sosial dan pemahaman konsep siswa kelas V. 3. Sikap sosial yang ditingkatkan yaitu bersahabat/komunikatif, toleransi, dan tanggung jawab. Hal ini didasarkan pada penggunaan peer assessment dan self assessment untuk mengukur sikap sosial siswa. 4. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini didasarkan pada hasil dari penilaian kuis dan ulangan harian. Dengan demikian dapat disarankan bagi guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas sebagai salah satu cara untuk dapat meningkatkan sikap sosial dan pemahaman konsep siswa. Guru dapat menggunakan media atau alat peraga agar menarik perhatian siswa dan mempermudah siswa untuk memahami materi. Guru juga perlu memberikan penghargaan kecil-kecilan seperti pemberian bintang pada papan bulletin, sehingga siswa semakin termotivasi dalam melaksanakan pembelajaran. |