Anda belum login :: 12 May 2025 11:46 WIB
Detail
BukuPengaruh Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SD Santo Andreas Pada Pembelajaran IPA
Bibliografi
Author: PRATIWI, ANASTASIA YONNY ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Metode eksperimen; Pemahaman Konsep; Pembelajaran IPA SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Anastasia Yonny Pratiwi’s Undergraduate Theses.pdf (522.29KB; 73 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-395
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menumbubkan rasa ingin tahu dalam menemukan pengetahuan dengan cara ilmiah. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan metode eksperimen. Metode eksperimen adalah cara yang dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan mengajak dan membimbing siswa untuk melakukan suatu percobaan, guna memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami sendiri apa yang sedang dipelajari. Melalui penerapan metode eksperimen, diharapkan siswa dapat memahami konsep materi yang sedang dipelajari. Pemahaman konsep adalah tingkat kemampuan seseorang, dalam membangun sebuah pengetahuan hingga mampu untuk mengungkapkan kembali pengetahuan tersebut menggunakan caranya sendiri. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Metode eksperimen berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SD Santo Andreas dalam pembelajaran IPA, yang terlihat dari hasil pencapaian th^g > t^bei- tuning yang didapatkan dalam penelitian ini sebesar 2.413 dengan Wi sebesar 2.039 pada taraf signifikansi 5%. 2. Melalui penerapan metode eksperimen, diketahui bahwa pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap pemahaman konsep siswa termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian N-Gain sebesar 0.72. 3. Melalui penerapan metode eksperimen, terdapat sebuah penemuan baru yakni siswa menjadi aktif dalam berpikir dan berbuat selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru lebih mampu untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran BP A, dengan menerapkan metode eksperimen. Melalui penerapan metode eksperimen, pemahaman konsep yang dimiliki siswa menjadi lebih baik dibandingkan saat guru menerapkan metode konvensional.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)