Anda belum login :: 29 Apr 2025 02:01 WIB
Detail
BukuPengembangan Model Pembelajaran Berbasis Quantum Teaching Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Bibliografi
Author: LIA, CICILIA FRANSISKA ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: Pengembangan; Pedoman Guru; Model Quantum Teaching
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Cicilia Fransiska Lia’s Undergraduate Theses.pdf (342.12KB; 16 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-391
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pengembangan adalah kegiatan meningkatkan fungsi, manfaat, proses dan aplikasi ilmu pengetahuan. Tujuan dari pelaksanaan pengembangan tentu untuk meningkatkan kualitas menjadi lebih baik lagi. Pedoman guru adalah buku yang berisi materi penjelasan dari kompetensi yang ingin dicapai, dalam proses belajar antara guru dengan siswa. Manfaat pedoman guru adalah sebagai pegangan guru dan sebagai alat bantu guru saat mengajar. Kurikulum tematik merupakan hasil dari pengembangan kurikulum oleh pemerintah. Tematik adalah model pembelajaran terpadu menggunakan tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RND (Research and Development) atau disebut dengan penelitian dan pengembangan yang dirancang oleh Dick dan Carey, serta dimodifikasi oleh peneliti. Pengembangan dilakukan dengan melalui enam tahap, yakni identifikasi tujuan instruksional urmum, analisis instruksional, menulis tujuan instruksional khsusus, memilih dan mengembangkan strategi pembelajaran, dan merancang dan melaksanakan evaluasi formatif. Pengembangan ini mengaitkan 5 mata pelajaran (PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP). Pengambilan data dilakukan pada enam sekolah untuk data awal, dan satu sekolah untuk pelaksanaan uji coba kelayakan produk pedoman guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan melalui tiga tahap evaluasi formatif yaitu tahap uji coba ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil data wawancara dari setiap tahap dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan pengembangan memang dibutuhkan dan dibuat berdasarkan kebutuhan yang sudah diidentifikasi, didapatkan model prosedural yang dimodifikasi dari model pengembangan Dick dan Carey, produk yang dihasilkan yaitu pedoman guru dinyatakan valid karena sudah melalui tahap uji coba dan dinyatakan berkualitas karena peneliti sangat terbuka dengan pendapat dari berbagai pihak. Peneliti juga menyarankan guru dapat menggunakan produk pengembangan pedoman guru ini dalam proses pembelajaran, selain itu guru perlu melakukan penelitian dan pengembangan terutama pada pedoman guru, guru dapat menggunakan model prosedural yang didapatkan dalam pengembangan ini, dan sekolah disarankan mendukung guru-guru yang ingin melakukan penelitian dan pengembangan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)