Anda belum login :: 05 Jun 2025 07:16 WIB
Detail
BukuPengembangan Kegiatan Pembelajara Berbasis Metode Maternal Reflektif (MMR Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas IVB SLB B Pangudi Luhur Jakarta Barat
Bibliografi
Author: SUSANTO, ANDRIAS EKO ; Pramudita, Wahyu (Advisor)
Topik: RPP; Media; Pembelajaran Matematika; Metode Maternal Reflektif
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Andrias Eko Susanto’s Undergraduate Theses.pdf (2.18MB; 33 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-413
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pendidikan merupakan bagian penting bagi perkembangan dan kemajuan siswa sebagai generasi bangsa saat ini. Pendidikan perlu diusahakan dan dikembangkan secara terus menerus melalui proses pembelajaran berkualitas. Guru sebagai pendidik perlu merancang pembelajaran agar siswa memperoleh pengalaman yang bermakna. Perkembangan siswa dipengaruhi oleh oleh kemampuan dan kreativitas guru dalam merancang dan menggunakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran berbasis metode maternal reflektif pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di kelas IVB SLB B Pangudi Luhur Jakarta Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D), dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik wawancara dan angket yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan berdasarkan skor hasil validasi kegiatan pembelajaran dan respon siswa, sedangkan analisis data kualitatif dilakukan berdasarkan hasil wawancara dan deskripsi dari data kuantitatif. Pengembangan kegiatan pembelajaran berbasis metode maternal reflektif ini telah divalidasi dan diujicobakan di SLB B Pangudi Luhur Jakarta Barat sebelum digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Validasi kegiatan pembelajaran terdiri dari 25 pernyataan dengan melibatkan 5 validator. Dari hasil validasi diperoleh skor rata-rata sebesar 3.70 dan dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa pengembangan kegiatan pembelajaran berbasis metode maternal reflektif cukup efektif dan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil implementasi, kegiatan pembelajaran berbasis metode maternal reflektif dapat dilaksanakan guru dengan baik dan proses pembelajaran lebih sistematis. Guru semakin memahami tahapan metode maternal reflektif dan dapat mengimplementasikan dalam pembelajaran. Dengan demikian, Proses pembelajaran menjadi lebih kreatif, inovatif, dan menyenangkan sehingga memberikan pengalaman berbahasa bagi siswa. Selain itu, peran media dalam kegiatan pembelajaran membantu siswa dalam memahami konsep keliling dan luas persegi, segitiga, dan jajar genjang. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan masukan bagi guru untuk mengembangkan dan menggunakan kegiatan pembelajaran berbasis metode maternal reflektif sehingga siswa mengalami perkembangan dalam bahasa dan kognitif dengan optimal. Selain itu, penelitian ini diharapkan memberikan masukan kepada Kepala Sekolah SLB B Pangudi Luhur Jakarta Barat untuk mendorong dan memfasilitasi guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa SLB B Pangudi Luhur Jakarta Barat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)