Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan komisaris independen terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2015. Pemilihan sampel ini menggunakan random sampling dan menghasilkan 52 perusahaan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis linear berganda untuk meneliti pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan komisaris independen terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Sedangkan leverage dan ukuran dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility karena nilai hitung signifikansi lebih besar dari nilai signifikansi yang telah ditetapkan yaitu 5% atau 0,05. |