Anda belum login :: 03 Jun 2025 05:36 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Pengaruh Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, dan Jenis Industri terhadap Tingkat Underpricing pada Perusahaan Yang Melakukan IPO di BEI (diterbitkan pada Equilibrium: Jurnal Bisnis dan Akuntansi vol.XI ed.2, Okt 2017)
Bibliografi
Author:
GWENYTH, DEVINA
;
Panjaitan, Yunia
Topik:
Initial Public Offering
;
Underpricing
;
Reputasi Underwriter
;
Reputasi Auditor
;
Jenis Industri.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Immanuel
Tempat Terbit:
Yogyakarta
Tahun Terbit:
2017
Jenis:
Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext:
FEBIXI021107.pdf
(552.42KB;
10 download
)
[
Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet
]
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEA-7126
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Fenomena underpricing sering terjadi ketika perusahaan melakukan IPO,dimana saham yang ditawarkan dinilai terlalu rendah dibanding nilai wajarnya.Underpricing memiliki dampak yang berbeda bagi investor dan perusahaan, di satu sisi underpricing menguntungkan investor namun di sisi lain merugikan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh reputasi underwriter, reputasi auditor, dan jenis industri terhadap terjadinya fenomena underpricing pada saat melakukan IPO.Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2010-2016 dan mengalami underpricing.Variabel terikat adalah tingkat underpricing.Variabel bebas adalah reputasi underwriter, reputasi auditor, dan jenis industri.Variabel kontrol adalah ROA dan financial leverage.Hipotesis diuji dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, reputasi auditor dan jenis industri berpengaruh signifikan terhadap terjadinya fenomena underpricing. Namun secara bersama-sama reputasi underwriter, reputasi auditor, dan jenis industri memiliki pengaruh signifikan terhadap terjadinya fenomena underpricing.
Kajian editorial
Setiap perusahaan yang ingin berkembang tentu membutuhkan dana yang besar. Untuk memenuhi kebutuhan dana, perusahaan memiliki berbagai alternatif pendanaan, dimana salah satunya adalah melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO). Dalam melakukan IPO, seringkali terjadi underpricing yang ditunjukkan dengan adanya initial return yang positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan pengaruh reputasi underwriter, reputasi auditor, dan jenis industri terhadap terjadinya fenomena underpricing pada saat melakukan IPO. Penelitian ini menggunakan 115 sampel perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2010-2016 dimana seluruh sampel yang terpilih merupakan perusahaan yang mengalami fenomena underpricing. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi tinier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, reputasi auditor dan jenis industri berpengaruh secara signifikan terhadap terjadinya fenomena underpricing. Namun secara bersama-sama reputasi underwriter, reputasi auditor, dan jenis industri memiliki pengaruh signifikan terhadap terjadinya fenomena underpricing.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.140625 second(s)