Anda belum login :: 05 Jun 2025 06:55 WIB
Detail
BukuHubungan Hasil Belajar Kognitif Dengan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD SANTO LUKAS Penginjil Jakarta Utara
Bibliografi
Author: KABELEN, FEBY ; Pramudita, Wahyu (Advisor)
Topik: Hasil Belajar Aspek Kognitif; Minat Belajar Matematika.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2017    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Feby Kabelen’s Undergraduate Theses.pdf (4.48MB; 49 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-379
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Hasil belajar aspek kognitif adalah kemampuan yang menimbulkan perubahan tingkah laku kognitif. Hasil belajar aspek kognitif perlu ditingkatkan untuk mengukur sejauh mana perkembangan kemampuan yang sudah dicapai oleh siswa ataupun guru. Hal tersebut dapat dicapai apabila guru dapat lebih memperhatikan setiap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi belajar siswa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi belajar adalah minat. Minat belajar adalah suatu rasa lebih suka terhadap sesuatu, misalnya minat pada mata pelajaran matematika. Minat belajar matematika perlu ditingkatkan agar siswa dapat belajar matematika dengan sebaik-baiknya. Minat belajar matematika dapat ditingkatkan dengan cara guru menarik perhatian siswa melalui setiap pembelajaran matematika yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara hasil belajar aspek kognitif dengan minat belajar matematika kelas V SD Santo Lukas Penginjil Jakarta Utara. Populasi dan sampel adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 62 orang. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah dokumentasi (mengumpulkan hasil ulangan tengah semester matematika) dan angket minat belajar matematika. Hasil dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: 1 Hasil belajar aspek kognitif siswa pada pelajaran matematika sudah baik. Hal ini dibuktikan pada nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 7 yang berada pada interval 7,6 – 10,0 dengan kategori baik sekali. 2 Minat belajar matematika siswa pada pelajaran matematika sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan pada nilai rata-rata skor minat yang diperoleh adalah 60,45 yang berada pada interval 53 – 59 dengan kategori cukup baik. 3 Terdapat adanya hubungan yang signifikan antara hasil belajar aspek kognitif dengan minat belajar matematika. Hal ini dibuktikan pada hasil perhitungan statistik korelasi product moment. Diketahui bahwa pada taraf signifikansi 5% untuk 62 responden yaitu sebesar 0,254 lebih kecil dari r hitung yang telah diperoleh yaitu sebesar 0,255. Berdasarkan hasil penelitan ini disarankan guru harus lebih berusaha untuk memperhatikan minat siswa terhadap matematika agar aspek kognitif siswa juga lebih baik. Selain itu kepala sekolah juga harus dapat menunjang segala sesuatu yang menjadi kebutuhan guru dalam meningkatkan aspek kognitif siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)