Penelitian ini bertujuan untuk menghitung harga pokok Bimbingan RB dengan menggunakan metode Time Driven Activity Based Costing (TDABC). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus pada Bimbingan RB dengan menggunakan acuan data historis Tahun Ajaran 2015/2016 untuk menghitung harga pokok tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan data tersebut, penulis melakukan perhitungan harga pokok Bimbingan RB dengan metode TDABC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bimbingan RB dapat menerapkan metode TDABC untuk menghitung harga pokok. Hal ini disebabkan oleh variasi produk dengan kebutuhan waktu berbeda, yaitu pada pengajaran Bahasa Inggris dan mata pelajaran. Selain itu, indirect cost Bimbingan RB lebih besar daripada direct cost. Dengan metode TDABC, harga pokok Bimbingan RB lebih akurat karena biaya dialokasikan sesuai dengan waktu aktivitas yang dibutuhkan. Kendala yang dihadapi Bimbingan RB pada perhitungan harga pokok menggunakan metode TDABC adalah jenis biaya tidak langsung yang beragam sehingga membutuhkan pengelompokkan biaya sesuai dengan pengunaan. Hal ini dilakukan agar alokasi biaya lebih akurat. |