Di Indonesia terdapat satu jasa layanan transportasi kereta api yang merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara, yaitu PT Kereta Api Indonesia (KAI). PT KAI, harus menjadi perusahaan dengan citra merek yang mudah dikenali oleh orang, serta memiliki citra yang baik di benak konsumen. Apabila, dengan terciptanya citra merek perusahaan yang baik, dapat membentuk komitmen dari para penggunanya. Sehingga, dari komitmen tersebut dapat menghasilkan rekomendasi dari pelanggan. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan citra merek perusahaan terhadap rekomendasi konsumen dengan komitmen konsumen sebagai variabel mediasi pada kereta api kelas eksekutif. Metode pengumpulan data yang dipakai oleh penulis adalah dengan menyebarkan kuesioner terhadap 250 konsumen pengguna jasa kereta api kelas eksekutif pada bulan april di Stasiun Gambir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel nonprobabilitas dengan teknik convenience sampling. Dari hasil olah data kuesioner tersebut didapatkan hasil bahwa ada hubungan citra merek perusahaan terhadap rekomendasi konsumen dengan komitmen konsumen sebagai variabel mediasi pada kereta api kelas eksekutif. |