Exotrip adalah sebuah jasa biro perjalanan yang memfasilitasi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan wisata kedaeraheksotis di Indonesia, khususnya paket wisata ke Pulau Krakatau, Pulau Karimun Jawa, dan Pulau Komodo-Labuan Bajo. Dari hasil sensus nasional BPS diketahui bahwa terjadi kenaikan jumlah wisatawan nusantara dari tahun 2011 hingga 2015. Pada tahun 2011 jumlah perjalanan adalah sebesar 229.731. Nilai tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 14.8% dari tahun sebelumnya. Pada tahun berikutnya jumlah perjalanan kembali mengalami kenaikan sebesar 11.5%. Persentase kenaikan terjadi pada beberapa sektor seperti jumlah perjalanan, pengeluaran per perjalanan, dan total pengeluaran. Rata-rata kenaikan terus terjadi tiap tahunnya pada tingkat 10-15%. Adanya kecenderungan perkembangan iptek, transportasi, dan informasi yang terus meningkat turut mendongkrak peluang perkembangan pariwisata. Perencanaan Keuangan dilakukandengan investasi awal sebesar Rp. 37.750.000 dimana aktiva tetap sebesar Rp 29.300.000 dan modal kerja sebesar Rp. 8.450.000. Target pendapatan bersih dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020 berturut-turut sebesar Rp. 103.646.000, Rp. 141.976.000, Rp. 236.509.000, Rp. 380.263.000, dan Rp. 593.886.000.Rencana Pengembangan diproyeksikan untuk memperkuat pemasaran dengan melakukan kegiatan promosi lebih gencar, membuat varian destinasi baru, dan pemberdayaan sumber daya manusia. |