Toko Rainbow Snack adalah toko yang menjual camilan khas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang berdiri pada bulan Februari tahun 2016 dan berlokasi di ITC Kuningan lantai 3. Toko Rainbow Snack menjual camilan dengan strategi diferensiasi yang membedakan dengan toko-toko camilan lain yaitu dari produk yang dijualnya dimana toko Rainbow Snack menjual berbagai macam camilan khas asal daerah Indonesia yang lebih lengkap dibanding toko camilan lain. Peluang pasar makanan dan minuman jadi yang tinggi di Jakarta berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jakarta (www.jakarta.bps.go.id) pada tahun 2013 sebesar 42,95% dari total pengeluaran konsumsi makanan, dimana camilan termasuk ke dalamnya, menjadi pasar target Rainbow Snack. Dari segi kekuatan, lokasi toko Rainbow Snack dinilai strategis karena berada diantara Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Selain itu, daya tarik camilan khas Indonesia yang beragam serta kemasan camilan Rainbow Snack yang kedap udara sehingga tahan lama, cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Dari segi kelemahan, kurang lengkapnya jenis camilan khas dari berbagai daerah Indonesia yang sangat beragam jenis makanan khas daerahnya, juga pemasaran secara online yang sudah dimanfaatkan oleh pebisnis lain yang belum dimaksimalkan oleh Rainbow Snack. Dari segi peluang, sebagai pelaku bisnis, Toko Rainbow Snack mempunyai peluang yaitu letak lokasi yang strategis yaitu di pusat Jakarta dengan kepadatan penduduk yang tinggi (Jakarta Selatan dan Pusat total 3 jutaan penduduk), adanya kebutuhan konsumsi makanan dan minuman jadi yang tinggi di Jakarta, penduduk Jakarta yang terus bertambah, karakter masyarakat Indonesia yang suka berkumpul dan produk camilan selain untuk konsumsi bisa untuk oleh-oleh. Dari segi ancaman, persaingan bisnis camilan sudah bukan pasar yang baru, jadi pesaingnya sudah ada, selain pesaing yang berlokasi berdekatan, pesaing lain juga yang berjualan secara online menggunakan internet maupun industri rumahan. Untuk memulai usaha camilan khas Indonesia, sebagai investasi awal toko Rainbow Snack membutuhkan modal sekitar 120 juta rupiah yaitu untuk sewa toko di ITC Kuningan selama 2 tahun (120 juta rupiah), modal barang dagangan (camilan khas Indonesia sebesar 2 juta rupiah), peralatan dan perlengkapan toko. Dengan visi menjadi toko camilan khas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia terlengkap di Jakarta, maka toko Rainbow Snack menyusun perencanaan jangka panjang dan jangka pendek untuk menjadi toko camilan khas Indonesia terlengkap di Jakarta. Didukung oleh pemilik yang turun langsung dalam mengontrol toko Rainbow Snack dan dalam produksi camilan khas untuk hari raya, juga 2 orang karyawan toko yang menjalankan operasional toko sehari-hari, diharapkan toko Rainbow Snack mampu bersaing dengan toko-toko camilan yang terdekat seperti Carrefour, All Fresh, Ciquita, BGK dan Anugrah Snack Shop yang berlokasi sama yaitu di ITC Kuningan. Dimana pesaing-pesaing Rainbow Snack tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding toko Rainbow Snack. Seperti Carrefour dan All Fresh yang menjual produk lain (sayur, buah, camilan, minuman, dll) sehingga bisa menjadi one stop shopping bagi konsumen, namun jenis camilan khas Indonesianya masih lebih komplit di Rainbow Snack, begitu juga dengan toko Ciquita, BGK dan Anugrah Shop juga kurang lengkap dalam menjual camilan khas Indonesia, namun harga jual camilan tertentu ada yang lebih murah dibandingkan toko Rainbow Snack. Jadi dari segi keunggulan kompetitif, toko Rainbow Snack melakukan strategi differensiasi dengan pesaingnya yaitu produk yang dijual berbagai jenis camilan khas Indonesia yang cukup lengkap dibanding pesaingnya. Proyeksi keuangan Toko Rainbow Snack juga menunjukkan hasil yang cukup memuaskan yaitu keuntungan selama 2 tahun sekitar 115 juta rupiah. Dengan profit margin 16,98% yang artinya persentase laba bersih dibanding pendapatan sebesar 16,98%, Return of Investment 92,8% yang artinya keuntungan yang didapat atas investasi sebesar 92,9% dan Payback Period 26 bulan yang artinya jangka waktu pengembalian investasi selama 26 bulan (2 tahun 2 bulan). Dengan proyeksi keuangan tersebut dapat dikatakan bisnis Rainbow Snack cukup menjanjikan. |