Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dari kepuasan pelanggan serta pengaruh kualitas layanan, kualitas makanan, lingkungan fisik dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada jasa restoran dengan konsep fine dining. Penelitian ini dilakukan pada restoran dan bar Face Jakarta yang berlokasi di Menteng. Face Jakarta menawarkan konsep fine dining yang tidak biasa. Face Jakarta merupakan perpaduan restoran dan bar yang memiliki tiga tema berbeda yakni restoran khusus makanan India dan Thailand, Hazara dan Lan Na Thai, serta konter bar dengan nuansa yang nyaman untuk bersantai jauh dari pesta. Restoran dan bar yang memiliki segmen kelas menengah atas ini ternyata terkenal di kalangan ekspatriat. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 205 pengunjung Face Jakarta yang dipilih menggunakan metode pencuplikan acak berkelompok (cluster random sampling). Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan metode statistik regresi linear berganda menggunakan program IBM SPSS Statistics versi 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan Face Jakarta mayoritas cukup puas. Terdapat pengaruh siginifikan variabel kualitas layanan (Service Quality), kualitas makanan (Food Quality), lingkungan fisik (Physical Environment), dan persepsi harga (Price Perception) terhadap kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction) restoran dan bar Face Jakarta, baik secara keseluruhan maupun pengaruh masing-masing variabel. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah persepsi harga. |