Anda belum login :: 23 Jul 2025 07:28 WIB
Detail
ArtikelECOSPATE (Economic Out School With Parents As Teacher) Sebagai Model Alternatif Pembelajaran Ekonomi Di Luar Sekolah  
Oleh: Rahmattullah, Muhammad
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Kalimantan Scientiae: Sosial Dan Humaniora vol. 27 no. 73 (Apr. 2009), page 25-34.
Topik: ECOSPATE; Pembelajaran Ekonomi; Orang Tua
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: K36
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSebagai solusi alternatif terhadap masalah terbatasnya jumlah jam pembelajaran ekonomi di sekolah, orang tua dapat berperan serta dalam memaksimalkan upaya pencapaian tujuan pembelajaran ekonomi yang belum tuntas disekolah, penelitian ini menguraikan tentang ECOSPATE (Economic Out School With Parents As Teacher) sebagai model alternatif pembelajaran ekonomi di Luar sekolah, penelitian ini menggunakan pendekatan kasus yang sifatnya non eksperimen. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. ECOSPATE adalah model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran ekonomi diluar jam sekolah dengan melibatkan orang tua sebagai guru bagi anak selaku peserta didik sehingga benar-benar menyadari perannya sebagai guru bagaimana mengoptimalkan fungsi orang tua sebagai guru bagi anak saat berada di luar sekolah. Ada dua pihak utama yang terlibat dalam model ECOSPATE yakni anak selaku peserta didik dan orang tua sebagai guru bagi anak. Fokus utama dari model pembelajaran ini adalah orang tua, mereka harus dapat menyesuaikan engan materi pelajaran ekonomi yang ada disekolah, artinya orang tua memiliki panduan atau tuntutan dalam memberikan pembelajaran kepada anak, yang diharapkan nantinya dapat menjadi arahan untuk orang tua, sehingga pelajaran yang diberikan oleh orang dapat sesuai dengan isi materi yang dalam kurikulum pendidikan. Beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penghambat dalam pelaksanaan model ECOSPATE. 1) Orang tua tidak memiliki waktu untuk mengajari anak, 2) Orang tua beranggapan bahwa pembelajaran bagi anak mereka cukup disekolah saja, 3) Kompetensi orang tua yang rendah untuk menjadi guru bagi anak, dan 4) Keterbatasan buku panduan untuk kegiatan pembelajaran ekonomi model ECOSPATE.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)