Anda belum login :: 24 Jul 2025 08:04 WIB
Detail
BukuPeningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Penerapan Pakem Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Aren Jaya XVII Bekasi Timur
Bibliografi
Author: THREENITA ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Aktivitas Belajar; Penerapan PAKEM; Mata Pelajaran IPA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-363
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Aktivitas belajar adalah kegiatan dalam proses belajar mengajar untuk mendapatkan suatu informasi atau pelajaran, dimana siswa aktif dalam mencari dan menemukan informasi melalui aktivitas, sehingga siswa belajar melalui berbuat. Aktivitas belajar penting dalam proses belajar mengajar, karena tanpa aktivitas siswa tidak belajar. Ada beberapa jenis-jenis aktivitas dalam belajar, diantaranya kegiatan visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, mototik, mental, dan emosional. Metode atau model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan untuk menciptakan proses belajar mengajar yang meningkatkan aktivitas belajar, seperti yang telah disebutkan di atas. Model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan penerapan PAKEM dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA. PAKEM adalah Pembelajara Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Hal tersebut dapat membuat siswa untuk terlibat aktif dalam berbagai aktivitas yang kreatif dan menyenangkan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Aren Jaya XVII Bekasi Timur melalui penerapan PAKEM pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN Aren Jaya XVIJ, Bekasi Timur, yang berjumlah 36 (18 laki-laki dan 18 perempuan), guru lain sebagai observer, dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini juga melibatkan teman peneliti yang membantu dalam mendokumentasikan proses pembelajaran. Peneliti menyebarkan insturmen sebelum dan sesudah siklus untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa.Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari data rata-rata skor aktivitas belajar siswa sebelum siklus dan sesudah siklus pembelajaran. Data rata-rata skor aktivitas belajar siswa sebelum siklus pembelajaran 41,26, setelah siklus pembelajaran rata-rata skor aktivitas belajar siswa menjadi 48. Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 6,74 dari sebelum siklus ke sesudah siklus. Data skor aktivitas belajar siswa juga dikategorikan ke dalam 3 kategori, yaitu kategori rendah, sedang, dan tinggi. Data aktivitas belajar siswa untuk kategori "rendah" sebelum siklus 3% (1 siswa) sesudah siklus menjadi 0% (tidak ada), kategori "sedang" sebelum siklus 36% (11 siswa) sesudah siklus menjadi 3% (1 siswa), dan kategori "tinggi" sebelum siklus 61% (19 siswa) sesudah siklus menjadi 97% (30 siswa). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas V SDN Aren Jaya XVTI Bekasi Timur mengalami peningkatan dengan penerapan PAKEM pada mata pelajaran IPA. Oleh sebab itu, disarankan kepada guru untuk menerapkan PAKEM dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu, dengan meningkatkan aktivitas belajar, siswa dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)