Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok didalam keseluruhan proses pendidikan disekolah. Hal ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan bergantung kepada bagaimana proses pelaksanaan belajar yang dialami oleh siswa selama proses pembelajaran. Hampir setiap hari anak mengikuti kegiatan belajar pembelajaran disekolah. Segala aspek pendidikan pengajaran bertemu dan berproses didalam kelas. Guru dengan segala kemampuannya, siswa dengan segala latar belakang dan sifat-sifat individualnya semua Ketercapaian atau keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh motivasi siswa dalam belajar. Kurangnya motivasi belajar siswa didalam kelas ditandai dengan banyak hal, seperti malas belajar, terlalu asik bermain dengan teman, dan kurangnya konsentrasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Jika motivasi yang dimiliki oleh siswa cukup baik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, maka proses belajar mengajar disekolah akan tercapai dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan PAKEM pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IVB SD Strada Bhakti Nusa Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang diharapkan dapat membantu peneliti dalam menjalankan penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti memiliki 2 tahap kegiatan, yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Pada siklus pertama peneliti menggunakan pendekatan PAKEM agar siswa menjadi aktif, kreatif, efektif, dan antusias terhadap pembelajaran. Pada siklus kedua peneliti juga menggunakan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, akan tetapi hanya materi pembelajaran nya yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus pertama sampai siklus kedua terdapat peningkatan motivasi belajar siswa pada kategori tinggi terdapat rata - rata yaitu dari 14 siswa menjadi 18 siswa. Peningkatan itu terlihat dari motivasi belajar setiap siswa yang berubah ke arah yang lebih baik pada tiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan kemampuan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi guru sekolah dasar untuk dapat menggunakan pendekatan PAKEM dalam pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. |