Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat membantu pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik sehingga dapat tercipta proses pembelajaran yang baik sehingga peserta didik dapat memahami dan mengerti dengan baik pesan yang disampaikan oleh pendidik (guru). Penggunaan media penting dalam setiap mata pelajaran, salah satunya dalam mata pelajaran IPS materi sejarah. Penggunaan media pada materi sejarah masih jarang digunakan. Guru lebih cenderung mengajarkan materi dengan ceramah dan diskusi. Oleh karena itu, pada materi sejarah biasanya terdapat banyak hafalan, dan ini membuat siswa mudah bosan sehingga hasil belajar siswa tidak begitu memuaskan. Oleh karena itu, penggunaan media harus ditingkatkan. Dilihat dari pernyataan yang telah disebutkan, peneliti memutuskan untuk memodifikasi media monopoli untuk pelajaran IPS dengan nama MOJUTAKA yaitu media pembelajaran berbentuk monopoli yang berisi tentang materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari penggunaan media terhadap hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN Palmerah 15 Pagi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Palmerah 15 Pagi yang berjumlah 56 orang siswa dan sampel pada penelitian ini adalah kelas VA dan VB yang masing-masing kelas memiliki 28 orang siswa. Penellitian dilakukan selama 6 bulan yaitu dari Desember 2015-Mei 2016. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan pemberian tes, berbentuk pretes dan postes. Data dianalisis secara kuantitaif dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 23.0. Berdasarkan hasil analisis data maka ditemukan bahwa: 1.Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. 2. Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran MOJUTAKA terhadap hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari hasil analisis yang didapatkan, yaitu harga ttabel dengan tarif signifikan 5% dengan derajat kebebasan 54 ( t = (0,05;54)) yaitu 1,637, dan hasil analisis thitung menggunakan uji Independent Sample T-Test adalah 2,172. Hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka disarakan agar guru lebih menggunakan media pembelajaran dalam pelajaran IPS terutama bagian sejarah. Sekolah juga diharapkan agar dapat menambah media-media pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan proses pembelajaran di sekolah sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. |